UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN PEMBUATAN MODUL KONTROL KOMBINASI (MANUAL & OTOMATIS) UNTUK LAMPU PENERANGAN JALAN

SYAFI’I, ALI (2011) RANCANG BANGUN PEMBUATAN MODUL KONTROL KOMBINASI (MANUAL & OTOMATIS) UNTUK LAMPU PENERANGAN JALAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alisyafii0-23460-BAB+I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alisyafii0-23460-Pendahul-n.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dalam dunia elektronika saat ini sudah merupakan bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi yang pada saat ini tengah berjalan dengan pesat seiring dengan lajunya zaman. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan manusia akan kemudahan dan efisiensi penggunaan energi dalam berbagai bidang, namun bentuk tetap ringkas serta berpenampilan menarik. Salah satu dari sekian banyak penemuan di bidang teknologi adalah lampu. Selama ini, lampu-lampu yang ada di jalan-jalan tersebut dikontrol dengan satu pusat kontrol yang biasa disebut gardu. Namun pada umumnya yang dikontrol di sini adalah ketersediaan listrik sebagai sumber energinya, bukan sistem penyalaannya. Sehingga untuk menyalakan lampu-lampu jalan tersebut sangat bergantung dengan komponen Light Dependent Resistor (LDR) yang berfungsi sebagai penentu intensitas cahaya di luar lampu. Agar penyalaan lampu jalan ini tidak hanya dapat dinyalakan dengan bantuan komponen LDR, maka ada baiknya lampu juga dapat dinyalakan secara manual. Permasalahannya di sini adalah, sangat tidak mungkin seorang petugas listrik menyalakan lampu jalan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan tersebut secara manual, satu per satu. Dengan kata lain diperlukan suatu sistem yang dapat mengontrol penyalaan lampu jalan hanya dari satu tempat saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:52
Last Modified: 16 Jun 2016 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32115

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo