UMM Institutional Repository

LATAR BELAKANG DAN KONDISI PSIKOLOGIS SUAMI MENGIJINKAN ISTRI MENJADI PSK

PRANOWO, ANTON (2012) LATAR BELAKANG DAN KONDISI PSIKOLOGIS SUAMI MENGIJINKAN ISTRI MENJADI PSK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--antonprano-27342-1-pendahul-n.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--antonprano-27342-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Di kabupaten Malang dan kabupaten Blitar terdapat beberapa pekerja seks komersial (PSK) yang berstatus bersuami dan masih melakukan pekerjaannya sebagai pekerja seks komersial. Beberapa dari suami mereka tersebut ialah seorang kuli bangunan yang tergolong mampu, ia mengetahui istrinya menjadi PSK sebelum ia menikah, namun setelah menikah dan sampai sekarang pun ia masih tetap mengizinkan istrinya untuk tetap bekerja menjadi seorang PSK. Suami yang rata-rata kesibukannya bekerja di kebun dan ladang terkadang harus menjaga anak-anaknya yang masih kecil berada di rumah karena sang istri sedang menjalankan aktifitasnya sebagai PSK. Beberapa PSK ini juga bekerja atas persetujuan keluarga atau suami. Bahkan lebih jauh, profesi ini menjadi sumber ekonomi utama keluarga. Suami yang mengijinkan istrinya berprofesi sebagai PSK dapat dikatakan tidak umum di masyarakat, namun secara realita ada di masyarakat kita. Ketidak umuman ini menarik untuk ditelusuri dan diteliti latar belakang suami mengijinkan istrinya berprofesi sebagai pekerja seks komersial. Oleh karena itu dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana latarbelakang suami mengijinkan istri menjadi PSK dan bagaimana kondisi psikologis suami mengijinkan istri menjadi PSK. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif karena menerapkan metode penelitian kualitatif yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata. Subjek penelitian terdiri dari dua subjek suami yang istrinya menjadi PSK. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik wawancara tidak terstruktur. Analisa data dimulai dengan menelaah atau mempelajari seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, kemudian melakukan reduksi data, dan yang terakhir adalah pemeriksaan keabsahan data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi pada sumber. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang suami mengijinkan istri menjadi PSK adalah adanya faktor himpitan ekonomi yang menyebabkan mereka memilih mengijinkan istrinya menjadi PSK. Sedangkan faktor lainnya adalah Pemahaman terhadap agama sangat kurang, dengan kurangnya pemahaman terhadap agama, kedua subjek mudah melanggar norma-norma agama. Kondisi psikologis yang terjadi pada kedua subjek adalah subjek merasa tertekan, mudah marah, emosi dan mengumpat, merasa malu dan bersalah terhadap istri, mudah putus asa dan tidak berdaya mengatasi keadaan yang dialaminya. Akan tetapi dengan berjalannya waktu kedua subjek dapat menerima itu dengan keadaan biasa dan baik-baik saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:47
Last Modified: 16 Jun 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32108

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo