UMM Institutional Repository

TERAPI APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS

Hapsari, Prestisia Noviarta (2012) TERAPI APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--prestisian-27343-1-pendahul-n.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--prestisian-27343-2-babi.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang bersifat pervasive yang salah satunya ditandai dengan adanya kekurangan dalam hal kemampuan komunikasi secara verbal. Oleh karena itu, perlu dilakukan deteksi dini pada anak-anak dan penanganan lebih awal perlu dilakukan terhadap anak dengan gangguan autis. Salah satu program terapi yang dapat diberikan pada anak autis untuk mengatasi gangguan autis adalah pemberian program terapi applied behaviour analysis (ABA), karena dapat melatih anak autis dalam hal kemampuan bahasa atau berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi applied behavior analysis (ABA) terhadap peningkatan perilaku komunikasi yaitu pada bahasa anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain kasus tunggal dengan desain A-B-A withdrawal yaitu A fase pengukuran keadaan awal dan efek setelah perlakuan, dan fase B pemberian perlakuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah 2 orang anak autis dengan kemampuan berbicara yang rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kemampuan berbicara. Analisis data menggunakan analisis grafik yang akan menyajikan hasil secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap kedua subjek penelitian yaitu anak-anak autis didapatkan hasil bahwa terapi applied behaviour analysis (ABA), ternyata efektif untuk digunakan dalam membantu meningkatkan kemampuan bahasa atau berbicara anak dengan autisme. Hal ini ditunjukkan bahwa pada kedua subjek sudah mampu menyampaikan keinginannya kepada terapis dan suaranya menjadi lebih keras dan jelas. Akan tetapi, pada kemampuan mengeluarkan pendapat, kemampuan bertanya dan kelancaran mengucapkan kata masih belum terlihat ada perkembangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:42
Last Modified: 16 Jun 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32106

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo