UMM Institutional Repository

KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. POS (Studi Pada Karyawan Pos Pamekasan)

Safitri, Aizun Riski (2012) KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. POS (Studi Pada Karyawan Pos Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--aizunriski-27345-1-pendahul-n.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--aizunriski-27345-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan salah satu komponen yang bersifat individual. Setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan system nilai yang berlaku pada dirinya. Semakin tinggi penilaian terhadap kegiatan yang dirasakan sesuai dengan keinginan individu, maka makin tinggi kepuasannya terhadap kegiatan tersebut. Hal tersebut berkaitan juga dengan aktivitas kerja karyawan Kantor Pos di Pamekasan. Kantor Pos Pamekasan mulai ramai ketika pada awal bulan sampai sekitar tanggal 10, setelah itu mulai menurun sekitar 25% sampai akhir bulan sehingga membuat pekerjaan karyawan mulai padat pada awal bulan dan mulai berkurang pada sekitar tanggal 10 sampai akhir bulan. Beberapa karyawan ketika pekerjaan sudah mulai sedikit berkurang, mereka menghabiskan waktu kosong dengan beristirahat sambil berbincang-bincang dengan rekan kerja mereka. Pos Pamekasan juga memberikan pelatihan kepada karyawannya meskipun tidak seluruhnya mendapat kesempatan tersebut dan memberikan reward kepada karyawan yang sudah bekerja dengan baik berupa penghargaan menjadi karyawan teladan. Oleh sebab itu peneliti memfokuskan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja pada karyawan Kantor Pos Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang datanya berupa angka-angka. Populasi disini yaitu 54 karyawan Pos Pamekasan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dimana jumlah subjeknya kurang dari 100 dan dalam penelitian subjek diambil keseluruhan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data interval.Instrumenpenelitian yangdigunakanyaitu skala kepuasankerja.Analisa data yang digunakanadalahT-skor.Hasil yang diperolehadalah 42,9% kepuasan kerja karyawan pos pamekasan tinggi dan 57,1% kepuasan kerja karyawan pos pamekasan rendah. Sedangkan aspek-aspek yang paling dominan pada subjek dapat diurutkan sebagai berikut: aspek kemajuan dalam karier dan pertumbuhan diri (Advencement) yaitu sebanyak 10 subjek (28,6%), aspek pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan yaitu sebanyak 8 subjek (22,9%), aspek Kesempatan untuk berprestasi atau keberhasilan mencapai sukses (Achievement ) yaitu sebanyak 7 subjek (20,0%), aspek rasa tanggung jawab (Responsibility) yaitu sebanyak 5 subjek (14,3%), dan aspek pengakuan dan penghargaan (Recognition) yaitu sebanyak 5subjek (14,3%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:38
Last Modified: 16 Jun 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32104

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo