UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA NEED FOR EXHIBITION DENGAN INTENSITAS WINDOW SHOPPING PADA REMAJA

Permadi, Dinda Citra (2012) HUBUNGAN ANTARA NEED FOR EXHIBITION DENGAN INTENSITAS WINDOW SHOPPING PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dindacitra-27355-1-pendahul-n.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dindacitra-27355-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya konsep belanja pasar modern diikuti juga dengan berkembangnya pembangunan pasar modern. Salah satu yamg termasuk pasar modern adalah mall. Masyarakat saat ini lebih sering memilih mall sebagai tempat rekreasi, terutama para remaja. Karena pada usia remaja merupakan masa peralihan serta berkembangnya fisik dan psikologis mereka. Sehingga banyak kebutuhan yang diperlukan dalam diri remaja tersebut. Salah satu kebutuhannya yaitu need for exhibition dimana remaja cenderung untuk menunjukkan eksistensinya seperti ingin dikenal banyak orang, ingin tampil, dan lain-lain. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut (need for exhibition) remaja sering memilih untuk melakukan window shopping ke mall-mall yang ada. Oleh sebab itu perlu diketahui mengenai need for exhibition remaja yang melakukan window shopping. Penelitian ini menggunakan penelitian non eksperimen. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah quota sampling yaitu menentukan jumlah individu atau subyek yang diteliti sesuai kriteria yang ditetapkan sebelumnya. Sampel yang digunakan berjumlah 120 subyek. Penelitian ini menggunakan skala likert degan pendekatan yaitu skala need for exhibition yang berjumlah 24 item dan quisioner atau angket (terbuka dan tertutup) sebanyak 10 item. Tekniknya yaitu teknik validitas internal dan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan koefisienri (x – i) > 0,3. Untuk menguji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan nilai alpha > 0,80sedangkan teknik analisa data menggunakan chi-square dengan program SPSS versi 12.00. Berdasarkan analisa data, maka didapatkan hasil chi square = 109,076; p = 0,000 yang berarti bahwa ada hubungan yang sangat signifikan (bermakna atau berarti) antara need for exhibition dengan intensitas window shopping pada remaja. Hal ini berarti bahwa subjek yang memiliki need for exhibhition tinggi maka intensitas window shopping juga tinggi, begitu jugas ebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:36
Last Modified: 16 Jun 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo