UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP BARANG BRANDED PADA PRIA METROSEKSUAL DAN YANG BUKAN METROSEKSUAL

Mayarizkya, Mutia (2012) PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP BARANG BRANDED PADA PRIA METROSEKSUAL DAN YANG BUKAN METROSEKSUAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--mutiamayar-27357-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--mutiamayar-27357-1-pendahul-n.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif adalah fenomena masyarakat saat ini dimana mereka dalam mengkonsumsi suatu barang, tidak lagi untuk memenuhi kebutuhannya melainkan untuk pemenuhan kepuasan. Mereka tidak lagi memprioritaskan fungsi suatu barang melainkan prestise dari barang tersebut, pembelian tersebut dilakukan karena gengsi jika tidak mengikuti trend mode dan untuk mendapatkan pengakuan sosial. Labelisasi modern dan pemakaian produk Barat yang dikenal dengan branded yaitu label dari produk berkelas dan mahal merupakan salah satu motivasi yang memicu perilaku konsumtif, terutama masyarakat yang tinggal di kota besar. Seiring dengan hal tersebut telah muncul sosok “pria baru” yang disebut metroseksual dimana mereka memiliki perilaku belanja yang unik untuk menyempurnakan penampilannya, sedangkan pada umumnya pria lebih mementingkan unsur fungsional ketika membeli barang. Namun jika sudah menyangkut hobi pengeluaranya bisa lebih besar daripada perempuan. Pria juga relatif bukan penawar harga yang baik, sehingga harga tidak terlalu masalah bagi mereka. Atas dasar itulah peneliti mencoba untuk melihat sisi konsumtif khususnya terhadap barang branded pada pria metroseksual dan yang bukan metroseksual.. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan perilaku konsumtif terhadap barang branded pada pria metroseksual dan yang bukan mentroseksual. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 orang terdiri dari 30 pria metroseksual dan 30 pria yang bukan metroseksual dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampling yaitu dimana subjek memenuhi karakteristik tinggal di kota Malang, telah berpenghasilan, berusia 20-45 tahun, dan memenuhi beberapa karakteristik pria metroseksual. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen identifikasi subjek (survei) dan skala perilaku konsumtif terhadap barang branded yang terdiri dari 49 item (α = 0, 981). Teknik analisa data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai t = 21, 602 dan nilai p = 0,000, maka p < 0,01. Hasil tersebut adalah signifikan bahwa adanya perbedaan perilaku konsumtif terhadap barang branded pada pria metroseksual dan yang bukan metroseksual, dengan nilai X ̅ = 141, 23 yang menunjukkan bahwa pria metroseksual memiliki perilaku konsumtif terhadap barang branded yang tinggi, dan nilai X ̅= 87, 00 yang menunjukkan bahwa pria bukan metroseksual memiliki perilaku konsumtif terhadap barang branded yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:32
Last Modified: 16 Jun 2016 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo