UMM Institutional Repository

PERANAN HAKIM PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG DALAM MEMUTUSKAN PERKARA PERCERAIAN YANG DIPICU OLEH KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kota Malang)

Rezeki, Yusti Yamah Nurul Umar (2011) PERANAN HAKIM PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG DALAM MEMUTUSKAN PERKARA PERCERAIAN YANG DIPICU OLEH KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yustiyamah-23856-PENDAHUL-N.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yustiyamah-23856-BAB+1.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Rumah tangga bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan Yang maha Esa adalah tujuan perkawinan sebagaimana diamanatkan Pasal 1 UUP No.1 Tahun 1974. Namun dalam kenyataannya, seringkali terjadi permaslahan rumah tangga yang dapat memicu adanya perceraian, salah satunya adanya Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Kekerasan Dalam Rumah Tangga sendiri dapat dipicu oleh berbagai faktor, selain itu Kekerasan Dalam Rumah Tangga juga dapat dibedakan menjadi dua, yakni: kekerasan secara fisik dan Psikis. Oleh karena itu apabila KDRT diajukan sebagai alasan gugatan perceraian, maka peranan Hakim sangat berpengaruh dalam memutus perkara perceraian akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Sebagai bahan pertimbangan Hakim, maka dapat dilihat dari gugatan, alasan gugatan, dan alat bukti yang diajukan oleh Penggugat, agar putusan yang dikeluarkan oleh Hakim sesuai dengan Azas keadilan, manfaat, dan kepastian Hukum. Jenis Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian studi lapang (field Research). Data yang penulis kumpulkan diperoleh dari bahan hukum primer dan sekunder serta ditunjang dengan wawancara sumber yang terkait. Sedangkan dalam menganalisa data penulis menggunakan putusan Perkara Nomor: 39/Pdt.G/2010/PA.Mlg yang peniliti peroleh dari Pengadilan Agama Kota Malang sebagai bahan analisa. Adapun hasil yang penulis peroleh dari penulisan tersebut adalah perceraian akibat KDRT yang terjadi di Pengadilan Agama Kota Malang masih cukup banyak. Adapun dalam penyelesaiannya Hakim sudah bersifat obyektif hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah Hakim dalam menyelesaikan perkara yaitu: alasan gugatan, alat-alat bukti, dalil-dalil pertimbangan Hakim yang sudah sesuai dengan azas keadilan, kepastian Hukum, dan azas manfaat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 08:00
Last Modified: 15 Jun 2016 08:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo