UMM Institutional Repository

STUDI PERBANDINGAN HUKUM WASIAT HARTA PENINGGALAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

KUSUMA, CANDRA HADI (2012) STUDI PERBANDINGAN HUKUM WASIAT HARTA PENINGGALAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--candrahadi-27298-2-babi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--candrahadi-27298-1-pendahul-n.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Wasiat harta peninggalan merupakan bagian hukum kewarisan Indonesia yang keberadaanya diatur dalam hukum Islam dan hukum positif. Dari situ terdapat perbedaan dan persamaan konsep hukum yang terkadang hal ini tidak difahami oleh masyarakat. Akibatnya pelaksanaan wasiat tidak selalu berjalan dengan baik, pada kenyataannya sering terjadi silang sengketa antara pihak ahli waris, karena ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberian wasiat oleh pewaris. Penelitian ini mengambil rumusan masalah:1. Bagaimana konsep wasiat yang berupa harta peninggalan menurut hukum Islam dan hukum positif di Indonesia? 2. Bagaimana perbandingan hukum antara wasiat berupa harta peninggalan yang terdapat dalam hukum Islam dan hukum positif di Indonesia ? Metode penelitian yang dipergunakan adalah yuridis normatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, sekunder dan tersier. Sedang teknik analisa data yang dipakai adalah analisa data kualitatif kemudian dianalisa dengan cara deskriptif komparatif. Hasil penelitian: Konsep hukum wasiat harta peninggalan menurut hukum Islam dan hukum positif pada intinya harta wasiat tersebut baru bisa dinikmati oleh penerima wasiat setelah pemberi wasiat meninggal, wasiat yang telah diberikan sewaktu-watu bisa dicabut dan dibatalkan oleh karena wasiat itu merupakan perbuatan perikatan sepihak Konsep hukum wasiat berupa harta peninggalan dalam hukum Islam dan hukum positif yang terdapat dalam KHI tidak jauh berbeda, hal ini di karenakan sumber hukum yang dipakai dalam KHI bersumber dari al-QurÂ’an, al-Sunnah dan IjmaÂ’, namun terjadi perbedaan dalam KUH Perdata walaupun juga ada persamaannya, persamaan dan perbedaan tersebut terletak pada hal-hal berikut persamaan tersebut terlatak pada pengertian, batasan, batalnya dan pencabutan harta wasiat berupa harta peninggalan dan perbedaannya terletak pada: rukun dan syarat, bentuk dan isi harta wasiat berupa harta peninggalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:58
Last Modified: 15 Jun 2016 07:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo