UMM Institutional Repository

PENGARUH HOME PHARMACY CARE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENGGUNAAN OBAT HIPOGLIKEMIK ORAL

FATMARINI, SEKAR ULI (2011) PENGARUH HOME PHARMACY CARE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENGGUNAAN OBAT HIPOGLIKEMIK ORAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sekarulifa-23678-PENDAHUL-N.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sekarulifa-23678-PENDAHUL-N.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit kronis yang jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Jika seseorang telah divonis menderita diabetes mellitus maka mau tidak mau dia harus merubah pola hidupnya. Salah satunya dengan menggunakan obat secara tepat. Kurangnya pengetahuan tentang penggunaan obat yang tepat akan mempengaruhi perilaku kesehatan dalam menggunakan obat tersebut. Home pharmacy care yaitu pendampingan pasien oleh farmasis dalam pelayanan kefarmasian di rumah, terutama dalam memberikan konseling, informasi, dan edukasi tentang penggunaan obat hipoglikemik oral yang tepat. Dengan meningkatnya pengetahuan diharapkan dapat mengubah perilaku pasien menjadi patuh dalam menggunakan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh home pharmacy care terhadap tingkat pengetahuan tentang penggunaan obat hipoglikemik oral pada penderita diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di Puskesmas Gribig Malang. Dalam penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design jenis One Grup Pre Test - Post Test Design. Sampel berjumlah 35 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang diamati adalah tingkat pengetahuan penderita. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu booklet dan kuesioner.Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t (t-test). Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu tingkat pengetahuan sebelum diberikan home pharmacy care adalah kurang baik (46 %) sedangkan sesudah diberikan home pharmacy care adalah baik (83%). Hasil uji-t (t-test) menunjukkan thitung = 14,961 lebih dari harga ttabel = 2,042. Jadi, dapat disimpulkan bahwa home pharmacy care memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan tentang penggunaan obat hipoglikemik oral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:48
Last Modified: 15 Jun 2016 06:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32084

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo