UMM Institutional Repository

PANDANGAN SISWA TERHADAP PENERAPAN “TES FORMATIF DIKONSTRUKSI KHUSUS” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM (Studi di SMK Muhammadiyah 2 Malang Kelas X)

Prasetyo, Kastur Eko (2012) PANDANGAN SISWA TERHADAP PENERAPAN “TES FORMATIF DIKONSTRUKSI KHUSUS” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM (Studi di SMK Muhammadiyah 2 Malang Kelas X). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--kasturekop-27280-1-pendahul-n.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--kasturekop-27280-2-babi.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Pandangan siswa terhadap sebuah metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah pembelajaran. Siswa adalah subjek pendidikan sehingga mereka yang merasakan apakah materi yang disampaikan dapat mempermudah proses belajar mereka atau tidak. Tes formatif dikonstruksi khusus adalah tes yang disusun sedemikian rupa sehingga berwujud lain dari biasanya dan unik. Tes semacam ini mempunyai beberapa fungsi sekaligus,diantaranya menentukan seberapa baik siswa telah menguasai materi yang diajarkan oleh guru, Mengetahui apakah suatu tujuan pembelajaran telah tercapai, memperoleh nilai siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa,memberikan reinformantion, usaha perbaikan kaitannya terhadap materi yang belum dikuasai, kabur/lupa,dan belum diketahui oleh siswa,memberikan penguatan (reinfocerment) bagi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pandangan siswa terhadap penerapan tes formatif dikonstruksi khusus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi al-Islam di kelas X SMK Muhammadiyah Malang. (2)Mendeskripsikan penerapan / implementasi “tes formatif dikonstruksi khusus” untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran materi al-Islam di kelas X SMK Muhammadiyah Malang. (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan “tes formatif dikonstruksi khusus” dalam pembelajaran materi al-Islam di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif untuk mengetahui penerapan tes formatif dikonstruksi khusus untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Islam dan faktor penghambat dan pendukung pelaksanaannya. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana pandangan siswa terhadap pelaksaan tes formatif dikonstruksi khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa mempunyai pandangan yang heterogen terhadap pelaksanaan tes formatif dikonstruksi khusus untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Islam. (2) Tes formatif dikonstruksi khusus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dilaksanakan dengan baik di SMK Muhammadiyah 2 Malang kelas X. (3) Terdapat faktor yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan tes formatif dikonstruksi khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:31
Last Modified: 15 Jun 2016 06:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo