UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII E DI SMP MUHAMMADIYAH 8 KOTA BATU

HIDAYATI, WIWID (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII E DI SMP MUHAMMADIYAH 8 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode problem solving pada pembelajaran al Islam di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu, upaya guru al Islam untuk meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran al Islam dengan menggunakan metode problem solving, serta kelebihan dan kekurangan metode problem solving dalam pembelajaran al Islam di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bidang studi al Islam dan siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 8 Batu. Pemilihan SMP Muhammadiyah 8 Batu sebagai setting penelitian dikarenakan sekolah ini merupakan sekolah swasta yang terakreditasi A (amat baik) dan menyelenggarakan pendidikan secara Islami dengan mewujudkan pendidikan berstandar nasional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. proses penerapan metode problem solving pada pembelajaran al Islam di SMP Muhammadiyah 8 Batu terdiri dari tiga tahapan yaitu: perencanaan yang tersusun dalam RPP, pelaksanaan metode sesuai RPP yang telah disusun dan evaluasi yang berbentuk penugasan ulangan harian serta proses keaktifan dalam diskusi kelompok. 2. Upaya yang dilakukan oleh guru al Islam SMP Muhammadiyah 8 Batu dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam penerapan metode problem solving pada pembelajaran al Islam kelas VIII E yaitu dengan cara membentuk kelompok, diskusi, presentasi hasil diskusi dan tanya jawab. 3. Kelebihan penerapan metode problem solving pada pembelajaran al Islam di SMP Muhammadiyah 8 Batu kelas VIII E adalah siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran dan lebih aktif sedangkan kelemahan metode ini adalah terbatasnya waktu, sehingga apa yang telah disusun oleh guru al Islam ada yang belum terlaksanakan serta tidak semua materi al Islam dapat diterapkan dengan metode problem solving.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:29
Last Modified: 15 Jun 2016 06:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo