UMM Institutional Repository

MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP MATA PELAJARAN FIQH (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas XI di MAN Malang I )

Amiliya, Nurul (2012) MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP MATA PELAJARAN FIQH (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas XI di MAN Malang I ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nurulamili-27413-1-pendahul-n.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nurulamili-27413-2-babi.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa madrasah aliyah terhadap mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Malang I. Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini ialah bagaimana minat belajar siswa madrasah aliyah yang sebenarnya terhadap mata pelajaran fiqh serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MAN Malang I. Pemilihan MAN Malang I sebagai setting penelitian didasarkan informasi bahwa madrasah negeri ini merupakan madrasah yang memiliki banyak penunjang kegiatan pembelajaran fiqh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian bahwa siswa menunjukkan (1) Minat belajar siswa sangat bagus terhadap mata pelajaran fiqh. Minat tersebut ditunjukkan dengan perhatian siswa yang begitu antusias dalam menerima mata pelajaran fiqh. Selain itu, para siswa menyadari betapa pentingnya mempelajari fiqh sebagai panduan hukum-hukum Islam yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. (2) Minat belajar siswa kelas XI terhadap mata pelajaran fiqh dipengaruhi oleh dua faktor penting yaitu faktor eksternal dan internal siswa. (3) Faktor eksternal meliputi aspek guru mata pelajaran fiqh dalam menyampaikan materi dan aspek materi fiqh itu sendiri. Siswa cenderung menyukai guru yang bisa membawakan materi fiqh dengan metode yang menarik dan tidak membosankan. Ditinjau dari aspek materi fiqh, tidak semua materi fiqh disukai oleh siswa. Materi yang disukai siswa kelas XI meliputi materi yang fenomenal di masyarakat seperti pembunuhan, pernikahan dan zina. Materi yang kurang disukai oleh siswa seperti materi tentang haji, umrah dan warisan. (4) Faktor internal siswa merupakan faktor yang terdapat dalam diri individu siswa. Hal tersebut meliputi perhatian, perasaan dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran fiqh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:28
Last Modified: 15 Jun 2016 06:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32077

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo