UMM Institutional Repository

PEMBARUAN KURIKULUM PESANTREN (Studi Pemikiran Pendidikan KH Imam Zarkasyi)

NINGTIAS, ANGGARI WAHYU (2012) PEMBARUAN KURIKULUM PESANTREN (Studi Pemikiran Pendidikan KH Imam Zarkasyi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--anggariwah-27416-2-bab1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--anggariwah-27416-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sejak awal kelahirannya, pesantren tumbuh dan berkembang sehingga tersebar diberbagai wilayah Indonesia. Keberadaan pesantren sebagai lembaga keislaman yang sangat kental dengan karakteristik Indonesia ini memiliki nilai-nilai strategis dalam pengembangan masyarakat Indonesia. Sistem pengajaran pesantren yang unik dan cenderung bersifat sufistik inilah yang membuat pesantren mendapat perhatian dalam dunia pendidikan modern. Ketidak puasan KH Imam Zarkasyi dengan sistem yang ada di pesantren agar pesarta didiknya mampu menguasai bahasa Arab dan Inggris secara bersamaan dan juga agar tidak adanya kesenjangan antara alumni pesantren dengan dunia kerja maka KH Imam Zarkasyi dengan ide-ide yang cemerlang berusaha memperbarui sistem pesantren dari aspek tujuan kurikulum, pemberian materi pelajaran, perubahan pada metode pengajaran dan juga pengadaan evaluasi agar mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didiknya dalam menguasai pelajaran. Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran pendidikan Imam Zarkasyi dalam pembaruan kurikulum pesantren. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan (Library Research). Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang membahas tentang pemikiran KH Imam Zarkasyi mengenai pembaruan kurikulum pesantren Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa KH Imam Zarkasyi dengan segala ide-ide pembaruannya yang telah membuat sistem pesantren mengalami perubahan khususnya dalam bidang kurikulum pesantren. Pembaruan yang telah dilakukan KH Imam Zarkasyi meliputi empat aspek: 1) Perumusan kembali tujuan kurikulum yang meliputi pengarahan pada program pendidikan, melakukan perbaikan pada pendidikan guru dan tidak hanya memperhatikan isi atau bahan pelajaran, tetapi juga proses pelajaran dan pengalaman belajar; 2) Penekanan pada materi pelajaran yang meliputi adanya program Kulliyat Mu`allimin al-Islamiyah (KMI) dan penerapan materi pelajaran 100% umum dan 100% agama ; 3) Perubahan pada metode pengajaran dengan menggunakan metode langsung (direct method) dan latihan (drill) dan metode pengajaran yang dilakukan secara klasikal dan penjenjangan dalam proses belajar mengajar; 4) mengadakan proses evaluasi agar mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:24
Last Modified: 15 Jun 2016 06:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32074

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo