UMM Institutional Repository

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PROF.DR.H.MUHAIMIN,M.A (Paradigma, Teori dan Pengembangan Gagasan)

ANJARSARI, PITA (2011) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PROF.DR.H.MUHAIMIN,M.A (Paradigma, Teori dan Pengembangan Gagasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-pitaanjars-22610-PENDAHUL-N.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-pitaanjars-22610-BAB+I.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan Islam Prof.Dr.H.Muhaimin,M.A yang meliputi paradigma, teori dan gagasannya dalam pengembangan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian library research (penelitian kepustakaan) dengan objek penelitian atau objek studi buku karya Prof.Dr.H.Muhaimin,M.A, diantaranya adalah: Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. (2004) Surabaya: Pustaka Pelajar, Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam Di Sekolah. (2005) Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Di Sekolah Madrasah Dan Perguruan Tinggi. (2005) Jakarta: Rajawali Pers, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. (2006) Jakarta: Rajawali Pers, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. (2009) Jakarta: Rajawali Pers, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. (2010) Bandung: Nuansa, Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyususnan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. (2010). Jakarta: Prenada, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. (2011) Jakarta: Rajawali Pers. Pemilihan Prof.Dr.H.Muhaimin,M.A sebagai tokoh utama dalam penelitian ini didasarkan pada kontribusi yang diberikan dalam dunia pendidikan dan kepakarannya yang telah diakui. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Prof.Dr.H.Muhaimin,M.A dalam pengembangan pendidikan Islam didasarkan pada tiga poin: (1) Paradigma Modernisasi; (2) teori pendidikan neo-modernis; (3) peningkatan SDM, pembentukan sekolah/madrasah unggulan, dan model-model pembelajaran (Pembelajaran PAI terpadu dan Pendidikan Islam berbasis multikultural).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:22
Last Modified: 15 Jun 2016 06:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32073

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo