UMM Institutional Repository

Persepsi Nelayan Tentang Urgensi Pendidikan Bagi Anak (Studi Kasus di Kel.Tanjung Kec. Ende Selatan Kab. Ende NTT)

Isnainim, Muhammad (2011) Persepsi Nelayan Tentang Urgensi Pendidikan Bagi Anak (Studi Kasus di Kel.Tanjung Kec. Ende Selatan Kab. Ende NTT). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadis-23040-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadis-23040-BAB+I.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Nelayan Kelurahan Tanjung hidup dengan tingkat kesejahteraan yang masih relatif rendah. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ditunjukkan dengan rendahnya tingkat pendidikan mereka. Yang mana sebagian besar anak-anak di kelurahan Tanjung putus sekolah hal ini dikarenakan berbagai faktor sosial, ekinomi, dan budaya yang ada di lingkungan masyarakat tersebut. Dari uraian latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi nelayan kelurahan Tanjung tentang urgensi pendidikan bagi anak serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk itu, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen utamanya. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar nelayan di kelurahan Tanjung mempunyai persepsi yang baik tentang urgensi pendidikan bagi anak dan sebagian lainnya cenderung kurang baik. Bagi mereka yang persepsinya baik, di antaranya dapat dilihat anak-anaknya yang sampai pada tingkat sarjana. Sedangkan mereka yang memiliki persepsi kurang baik karena tidak memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Ada dua faktor utama yang mempengaruhi terjadinya dua persepsi tersebut, yaitu faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:20
Last Modified: 15 Jun 2016 06:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32072

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo