UMM Institutional Repository

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN MATA PELAJARAN KEISLAMAN DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

ABROR, MOH. NURUL (2011) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN MATA PELAJARAN KEISLAMAN DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mohnurulab-23464-PENDAHUL-N.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mohnurulab-23464-BAB+I.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan adalah maksimalisasi pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran di kelas dapat maksimal manakala para guru bidang studi mempunyai rasa tanggung jawab yang penuh. Seorang guru dapat dikatakan bertanggunggung jawab apabila dalam melakukan proses pembelajaran menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapan itu meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran. Semua kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, manakala kepala madrasah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya. Artinya, kepala madrasah tidak hanya sebatas menyuruh ataupun memberikan kebijakan saja, tetapi juga bagaimana kepala madrasah ikut aktif didalam pelaksanaannya. Sehubungan dengan hal itu, maka penulisan skripsi ini merujuk pada rumusan masalah sebagaimana berikut: (1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam perencanaan pembelajaran rumpun mata pelajaran keIslaman di MA Muhammadiyah 1 Malang? (2) bagaimana peran kepala madrasah dalam pelaksanaan pembelajaran rumpun mata pelajaran keIslaman di MA Muhammadiyah 1 Malang? (3) Bagaimana peran kepala madrasah dalam evaluasi pembelajaran rumpun mata pelajaran keIslaman di MA Muhammadiyah 1 Malang? (4) Bagaimana peran kepala madrasah dalam menindak lanjuti hasil evaluasi pembalajaran di MA Muhammadiyah 1 Malang? Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian kualitatif, maka data yang didapatkan sifatnya deskriptif. Dalam hal ini mendeskripsikan peran kepala madrasalah dalam manajemen pembelajaran rumpun mata pelajaran keIslamann di MA Muhammadiyah 1 Malang. Adapun dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan hasilnya dapat dikatakan bahwa kepala madrasah sangat berpengaruh, baik itu yang berkaitan dengan maslah perencanaan pembelajaran, seperti mengadakan workshop pembuatan perangkat pembelajaran yang benar, sampai dengan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran, seperti pengawasan langsung terhadap siswa remidi. Hal itu diketahui setelah berdialog langsung dengan para guru rumpun mata pelajaran keIslaman yang ada di MA Muhammadiyah 1 malang. Di samping itu, peran guru kelas dan wali kelas juga sangat berpengaruh dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini didasarkan bahwa untuk mewujudkan pendidikan berkualitas salah satunya adalah dengan pengelolaan yang baik di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:18
Last Modified: 15 Jun 2016 06:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32071

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo