UMM Institutional Repository

Manajemen Kurikulum Berbasis IMTAQ dan IPTEK Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMP Boarding School Ar-Rahmah Putra Pesantren Yayasan Hidayatullah Malang)

FEBRIYANTORO, HARIKA (2011) Manajemen Kurikulum Berbasis IMTAQ dan IPTEK Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMP Boarding School Ar-Rahmah Putra Pesantren Yayasan Hidayatullah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-harikafebr-23033-Pendahul-n.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-harikafebr-23033-BAB+I.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pemilihan SMP Ar-Rahmah sebagai setting penelitian, didasarkan pada isu bahwa instansi ini menggunakan pendekatan yang berbeda dengan instansi pendidikan Islam lain yang berbasis pondok pesantren, yaitu berupa manajemen penggabungan kurikulum pembelajaran dengan basis IMTAQ dan IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pembelajaran di SMP Boarding School Ar-Rahmah, serta hasil dari manajemen tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru atau ustadz, pengasuh dan pembimbing asrama (Boarding School) dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi serta menganalisa data yang sudah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pembelajaran di SMP Ar-Rahmah dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan subjek akademis, penddekatan humanistis dan pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saran yang menjadi pertimbangan kepada instansi SMP Ar-Rahmah yang merupakan pendidikan Islam berbasis pesantren dalam penelitian ini, adalah berupa pengajaran kitab klasik yang seharusnya tetap diajarkan, karena pada pada dasarnya kitab klasik (kitab kuning) merupakan usul dan sumber untuk memperdalam pengetahuan agama. Hal ini menjadi perhatian, agar keseimbangan pengetahuan peserta didik mengenai perkembangan zaman dan pengetahuan keagamaan menjadi komprehensif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:16
Last Modified: 15 Jun 2016 06:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo