UMM Institutional Repository

ANALISIS METODE PENGAJARAN AGAMA PADA ANAK PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA DI TK ABA PURWODADI TEMBARAK TEMANGGUNG JAWA TENGAH

MUJAHIDATUL M, NURUL (2011) ANALISIS METODE PENGAJARAN AGAMA PADA ANAK PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA DI TK ABA PURWODADI TEMBARAK TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulmujah-23462-Pendahul-n.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulmujah-23462-Bab+I.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode mengajar agama yang digunakan di TK ABA Purwodadi. Selain itu, juga menganalisis metode mengajar agama yang dipakai di TK ABA Purwodadi menurut pandangan Psikologi agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatit deskriptif dengan lokasi penelitian di TK ABA Purwodadi Tembarak Temanggung Jawa Tengah. Pemilihan lokasi ini berdasarkan di TK ABA Purwodadi mempunyai keunggulan dalam bidang pengajaran agama. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis datanya menggunakan analisis data kualitatit, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang dipakai dalam pembelajaran agama di TK ABA adalah metode bermain, bercerita, bercakap- cakap, beryanyi, demonstrasi, ceramah, tanya jawab, karyawisata, pemberian tugas dan eksperimen. Metode-metode tersebut dalam pelaksanaannya dilakukan secara kombinasi/penggabungan antara satu metode dengan metode lainya yang sesuai dengan tema dan tujuan materi yang akan disampaikan. Metode ceramah murni menurut psikologi agama kurang sesuai digunakan dalam pembelajaran agama, karena tidak sejalan dengan sifat agama pada anak yang masih egosentris, imitatif dan tidak mendalam. Hasil wawancara dengan guru kelas di TK ABA mengatakan pada dasarnya anak tidak senang dengan metode ceramah murni tanpa dikolaborasikan dengan metode yang lain, metode ceramah murni membuat anak bosan. Metode ceramah bisa menarik minat anak dalam pembelajaran agama jika dikolaborasikan dengan metode yang lain, seperti metode menyanyi dan cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:15
Last Modified: 15 Jun 2016 06:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo