UMM Institutional Repository

REKONSTRUKSI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; Studi Pemikiran Syed Muhammad Naquib al Attas

SUGIANTO, ARIF (2011) REKONSTRUKSI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; Studi Pemikiran Syed Muhammad Naquib al Attas. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifsugian-23463-PENDAHUL-N.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifsugian-23463-BAB+1.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep filsafat pendidikan Islam dari pemikiran Syed Muhammad Naquib al Attas. Selain itu untuk menguraikan implikasi konsep filsafat pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al Attas dalam mengatasi problem pendidikan Islam di Indonesia Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian library research (penelitian kepustakaan) dengan objek penelitian atau objek studi buku karya Syed Muhammad Naquib al Attas, diantaranya adalah: The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education (Kuala Lumpur: ISTAC, 1991), Aims And Objectives of Islamic Education (Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979). The Concept of Education in Islam (Kuala Lumpur: ABIM, 1978), dan Islam and Scularism (kuala Lumpur: ABIM, 1978) Pemilihan Syed Muhammad Naquib al Attas sebagai tokoh utama dalam penelitian ini didasarkan alasan bahwa Syed Muhammad Naquib al Attas merupakan pemikir muslim terkemuka dan figur pembaharu pendidikan Islam yang memiliki keakuratan dalam memahami permasalahan pendidikan Islam, selain itu konsep filsafat pendidikan al Atas dinilai sangat konsisten dan fundamental bila dibanding sarjana kontemporer lainnya, sehingga pemikirannya layak dikaji dan disebar luaskan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep filsafat Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al Attas mengarah pada satu tujuan fundamental yaitu islamisasi pikiran, jiwa, dan raga dalam mewujudkan manusia universal atau insan kamil. Konsep filsafatnya mendasarkan pada terma ta’dib, sehingga dalam menentukan hakikat, landasan, tujuan, kurikulum, dan metodelogi pendidikan Islam mengacu kepada konsep ta’dib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:13
Last Modified: 15 Jun 2016 06:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32068

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo