UMM Institutional Repository

PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA‘LĪM AL-MUTA‘ALLIM THARĪQ AL-TA‘ALLUM

GUNAWAN, BUDI (2011) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA‘LĪM AL-MUTA‘ALLIM THARĪQ AL-TA‘ALLUM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-budigunawa-23814-Pendahul-n.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-budigunawa-23814-BAB+I.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pemikiran pendidikan al-Zarnuji dalam bidang pendidikan terdapat dalam kitabnya yaitu kitab Ta‘līm al-Muta‘allim Tharīq al-Ta‘allum. Latar belakang penulisan kitab ini disebabkan oleh keprihatinannya terhadap penuntut ilmu pada masanya. Ilmu yang mereka tuntut tidak dapat memberikan mamfaat bagi dirinya sendiri apalagi bagi orang lain dan lingkungannya. Keadaan peserta didik pada masa al-Zarnuji tentu tidak jauh berbeda dengan keadaan sekarang. Mengkaji pemikiran al-Zarnuji dalam bidang pendidikan tentu sangat penting dilakukan. Bertolak dari hal ini maka penulisan skripsi ini merujuk pada rumusan masalah. berikut: (1) Bagaimana pembagian ilmu menurut al-Zarnuji dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim. (2) Bagaimana metode pembelajaran al-Zarnuji dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim (3) Bagaimana tujuan belajar menurut al-Zarnuji dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim. Penelitian ini menggunakan model penelitian studi teks. Karena peneliti berusaha dengan serius mengungkap makna yang terkandung dalam teks yang ditulis oleh al-Zarnuji dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim Tharīq al-Ta‘allum. Data yang dipakai dalam penelitian ini langsung dari kitab Ta’līm al-Muta‘allim yang menggunakan bahasa Arab dan peneliti juga mengumpulkan buku, artikel dan jurnal yang membahas konsep pendidikan al-Zarnuji agar bisa menunjang penelitian ini. Dari hasil penelitian terhadap pemikiran al-Zarnuji ini maka dapat disimpulkan. Bahwa al-Zarnuji membagi ilmu berdasarkan kebutuhannya terhadap ilmu tersebut kedalam dua kategori yaitu ilmu fardu ‘ayn dan ilmu fardhu kifāyah. Ilmu fardhu ‘ayn yang dimaksud adalah ilmu hāl. maka setiap orang Islam wajib menuntutnya. Karena ilmu tersebut menyangkut kebutuhan sehari-harinya seperti ilmu tauhid, ilmu fikih dan ilmu akhlak. Tujuan pembelajaran menurutnya adalah untuk mencari ridha Allah SWT, mengharapkan kebahagiaan akhirat, menghilangkan kebodohan dari dirinya sendiri dan dari segenap orang orang bodoh, menghidupkan agama dan melestarikan Islam karena sesungguhnya kelestarian Islam hanya dapat dipertahankan dalam ilmu dan perilaku zuhud serta takwa tidaklah sah apabila diamalkan tanpa ilmu. Peserta didik dilarang menuntut ilmu untuk mencari kemewahan dunia untuk memuaskan hawa nafsu. Tujuan duniawi haruslah diniatkan untuk kepentingan akhirat. Metode pembelajan al-Zarnuji dilakukan dengan cara bertahap yaitu metode hafalan, metode pemahaman, metode diskusi dan metode perenungan. Materi yang disampaikan haruslah memperhatikan peserta didik. Guru tidak diperbolehkan memaksakan materi yang tidak disukai dan di luar batas kemampuan peserta didik. Al-Zarnuji mengingatkan terhadap semua penuntut ilmu agar tidak salah dalam menentukan niat atau tujuan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:09
Last Modified: 15 Jun 2016 06:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32067

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo