UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU RUMPUN MATA PELAJARAN KEISLAMAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs SURYA BUANA MALANG

RAHMAYANTI, FATIN (2011) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU RUMPUN MATA PELAJARAN KEISLAMAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs SURYA BUANA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fatinrahma-23815-Pendahul-n.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fatinrahma-23815-BAB+I.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme bagi seorang guru adalah suatu yang wajib dimiliki. Karena dengan adanya profesionalisme ini, guru bisa menjalankan tugas dan perannya sebagai seorang guru terutama dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang professional menjadikan pembelajaran lebih bermutu dan menyenangkan bagi peserta didiknya. Untuk itu, diperlukan pengembangan profesionalisme yang dilakukan oleh guru. pengembangan profesionalisme guru dalam pembelajaran meliputi membuat perencanaan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, evaluasi pembelajaran, mengikuti pelatihan dan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini, ada tiga hal yaitu (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan profesionalisme guru rumpun mata pelajaran keislaman dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (2) Untuk mendeskripsikan upaya-upaya guru rumpun mata pelajaran keislaman dalam mengembangkan profesionalisme dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (3) Untuk mendeskripsikan usaha kepala sekolah MTs Surya Buana pengembangan profesionalisme guru rumpun mata pelajaran keislamaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, sedangkan data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru rumpun mata pelajaran keislaman, Kepala Sekolah MTs Surya Buana, dan siswa MTs Surya Buana. Dan analisis datanya menggunakan koleksi data, display data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa (1) Guru rumpun mata pelajaran keislaman di MTs Surya Buana dalam melakukan pembelajaran sudah professional, hal ini bisa terlihat dari guru rumpun mata pelajaran keislaman memulai pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran, mempunyai skill dalam mengajar ketika kegiatan belajar mengajar dan mengakhiri pelajaran dengan melakukan evaluasi. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru rumpun mata pelajaran keislaman dalam meningkatkan profesionalismenya adalah mengikuti pelatihan, melakukan penelitian tindakan kelas, dan studi banding ke sekolah lain. (3) Upaya Kepala Sekolah dalam melakukan pengembangan profesionalisme itu adalah melakukan pelatihan untuk guru setiap tahun, mewajibkan guru untuk menciptakan metode pembelajaran dan melakukan pengamatan secara langsung saat guru melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:09
Last Modified: 15 Jun 2016 06:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32066

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo