UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII G DI SLTP NEGERI 13 MALANG

NURROHMAWATI, RIZKA (2011) PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII G DI SLTP NEGERI 13 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rizkanurro-22077-Pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rizkanurro-22077-BAB+I.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana penerapan metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII G SLTP Negeri 13 Malang. Dalam hal ini peneliti akan lebih memfokuskan tentang bagaimana penerapan motede ceramah dan tanya jawab tersebut apakah dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII G atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan siswa kelas VII G sebagai obyek penelitian di SLTP Negeri 13 Malang yang berada di jalan sunan ampel II kota Malang. Alasan peneliti memilih siswa kelas VII G adalah karena peneliti merasa mereka lebih focus apabila guru agama mereka menerangkan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab daripada menggunakan metode-metode yang lainnya. Dengan demikian penelitian perlu dilakukan karena peneliti ingin mengetahui langsung tentang penerapan metode ceramah dan tanya jawab yang diterapkan oleh guru agama mereka apakah dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII G. Teknik pengumpulan data peneliti peroleh melalui wawancara dengan guru dan siswa serta observasi langsung di lapangan. Adapun teknik analisa datanya peneliti menggunakan model deskriptif kualitatif Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode selain dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tidaklah efektif dikarenakan seluruh siswa tidak akan fokus dengan materi yang diberikan oleh guru. Semoga dengan adanya hasil penelitian ini dapat mengubah pandangan masyarakat tentang penggunaan metode ceramah dan tanya jawab yang selama ini terkesan tidak menyenangkan dan justru sangat membosankan. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil perolehan nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam pada ulangan harian sampai ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:05
Last Modified: 15 Jun 2016 06:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32065

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo