UMM Institutional Repository

METODE CERITA DAN SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI SD BAHRUL ULUM MALANG

CHAMIMAH, MIMIN (2012) METODE CERITA DAN SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI SD BAHRUL ULUM MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--miminchami-27333-1-pendahul-n.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--miminchami-27333-2-babi.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode cerita dan sosiodrama dalam pembelajaran akhlak di SD Bahrrul Ulum Malang dan mengungkapkan bagaimana penerapan metode cerita dan sosiodrama terhadap pembelajaran, bagaimana respon murid terhadap metode cerita dan sosiodrama pada penyampaian pembelajaran akhlak dan kendala serta jaln keluar yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan metode cerita dan sosiodrama terhadap pembelajaran akhlak di SD Bahrul Ulum malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan informan peneliti adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran aspek akhlak dan peserta didik kelas V. Pemilihan SD Bahrul Ulum Malang sebagai lokasi penelitian didasarkan bahwa SD ini telah menggunakan metode cerita dan sosiodrama sebagai jawaban atas rendahnya mutu atau kualitas akhlak peserta didik di SD Bahrul Ulum yang di sebabkan kurangnya pemahaman dan pemantapan pendidikan akhlak, serta pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisa datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita dan sosiodrama dalam penyampaian pada aspek akhlak dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan metode cerita dan sosiodrama bisa mendukung penguasaan dan pemantapan akhlak yan telah disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan materi serta kurikulum. Dari penelitian ini juga didapatkan hasil dalam pelaksanaan metode ini anak dapat mempelajari dan memakai mata pelajaran akhlak dengan enjoy dan mengasyikan sehingga siswa dapat menyimpannya dalam jangka waktu yang panjang. Dan dalam pelaksanaannya metode ini dapat dipergunakan sebagai metode pada mata pelajaran yang lain. Metode ini akan mempermudah proses pembelajaran, sehingga akan mudah dan cepat di pahami oleh siswa secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:59
Last Modified: 15 Jun 2016 05:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32063

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo