UMM Institutional Repository

RESPON ELITE MUHAMMADIYAH TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

HERMANSYAH, AHMAD HERI (2013) RESPON ELITE MUHAMMADIYAH TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadherih-31176-1-pendahul-n.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadherih-31176-2-babi.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Pasca tumbangya Orde Baru, pada zamanya pemerintahan Soeharto tahun 1998, Indonesia mengalami proses transisi dari corak otoriter menuju masyarakat sipil yang demokratis. Sehingga reformasi bergulir dengan cita-citanya yang sangat tinggi. Cita-cita tersebut adalah masyarakat sipil yang demokratis, hukum ditegakkan untuk supremasi keadilan, pemerintahan yang bersih dari kolusi, korupsi nepotisme ( KKN ), terwujudnya keteraturan sosial dan rasa aman dalam masyarakat yang menjamin kelancaran produktivitas dalam masyarakat, dan kehidupan ekonomi yang mensejahterakan rakyat Indonesia. Perubahan sistem politik dari Orde Lama, Orde Baru dan Era Reformasi mempunyai dampak signifikan terhadap gerakan sosial lainya, terlebih pada pendidikan. Sistem pendidikan yang dikemabangkan di Indonesia selama ini lebih menekankan keseragaman dan sentralistis. Hal ini jika diamati lebih jauh penyeragaman hampir diseluruh aspek, mulai seragam sekolah, kurikulum, hingga buku ajar. Pola penyeragaman tidak menanamkan pada siswa untuk berjiwa besar karena proses yang dilalui adalah kesamaan. Sehingga pola penyeragaman bisa menimbulkan sikap eklusivitas, tidak toleran dan menganggap mereka yang berbeda sebagai lawan, bukan mitra untuk bertukar pikiran serta setara yang harus dihormati dan dihargai. Permasalahan diatas adalah yang menjadi perbincangan pada tugas akhir ini. Dengan dikemukakan konsep pendidikan multikultural menurut pakar. Beserta respon Elite Muhammadiyah yang berada di Malang. Sehingga munculah suatu dialektika diantara para elite Muhammadiyah terhadap pendidikan multikultural. Pemikiran elite Muhammadiyah mewakili salah satu ormas yang cukup lama bergelut dalam bidang pendidikan dan turut menyumbang dalam membangun Indonesia melalui pendidikan. Akhir implikasi teoritis yang dapat diambil dari penelitian atau penulisan skripsi ini adalah berupaya mereduksi dari pemikiran elite Muhammadiyah tentang pendidikan Multikultural yang mana Muhammadiyah adalah gerakan yang berbasis Islam yang menyumbang dalam membangun Negeri ini selama satu abad dengan pendidikanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:59
Last Modified: 15 Jun 2016 05:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32062

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo