UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA

Yuwana, Dinny Fitri Hastuty (2012) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dinnyfitri-27360-1-pendahul-n.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dinnyfitri-27360-2-babi.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Latipun, M.kes, (2) M. Salis. Yuniardi, S.Psi, M.Psi. Kontrol diri menjadi salah satu faktor penting pembahasan di dalam diri manusia karena kontrol diri berhubungan dengan perilaku hedonis pada Mahasiswa. Berbagai aspek yang berhubungan dengan kontrol diri seorang Mahasiswa, yaitu aspek mengontrol stimulus, mengontrol perilaku, mengantisipasi keadaan, menafsirkan keadaan, dan mampu mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan Compulsive Buying. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di berbagai jurusan Perguruan Tinggi Malang. Sedangkan sampelnya adalah Mahasiswa dengan kisaran umur 19 – 23 Tahun, dengan rata – rata berumur 21 – 22 Tahun, yang berjumlah 150 Mahasiswa. Adapun tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik aksidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala, yaitu skala kontrol diri dan skala compulsive buying. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasional Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data pada penelitian ini, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r)= 0,739 dan sig (p) = 0,000, dimana hal ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif (SE %) kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku compulsive buying adalah sebesar 54,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara perilaku kontrol diri dengan kecenderungan perilaku compulsive buying pada Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:32
Last Modified: 15 Jun 2016 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32061

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo