UMM Institutional Repository

PERSEPSI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI PADA KARYAWAN BRI KOTA MALANG JALAN KAWI

Mayriza, Findi (2012) PERSEPSI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI PADA KARYAWAN BRI KOTA MALANG JALAN KAWI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--findimayri-27361-1-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--findimayri-27361-2-babi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Tulus Winarsunu. (2) Tri Muji Ingarianti. Persepsi Budaya Organisasi merupakan proses kognitif yang dialami oleh individu, sebagai bentuk usaha untuk memahami apa yang dipikirkan orang sewaktu mereka dihadapkan pada sistem nilai-nilai yang telah dibentuk dan dianut oleh anggota organisasi untuk menyamakan persepsi atau cara berfikir dalam menjalankan kegiatan maupun pekerjaannya serta sebagai pembeda antara organisasi satu dengan organisai yang lain. Budaya organisasi pasti ada pada suatu organisasi atau perusahaan, misalnya seperti pada BRI (Bank Rakyat Indonesia). Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan persepsi karyawan terhadap budaya organisasi, karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas kerja karyawan yang akan berdampak terhadap pelayanan terhadap nasabah. Selain itu persepsi budaya organisasi yang positif juga akan berpengaruh terhadap bertahannya dan kemajuan tujuan organisasi. Sehingga diharapkan setiap karyawan akan mempersepsi positif terhadap budaya organisasi yang sudah ada dalam perusahaan atau organisai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi terhadap budaya organisasi pada karyawan BRI di Kota Malang Jl. Kawi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument yang dipakai adalah skala persepsi terhadap budaya organisasi yang dikembangkan dengan menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini adalah karyawan BRI Syariah dan karyawan BRI konvensional yang ada pada kedua Bank tersebut dengan rincian karyawan BRI syariah 30 orang dan karyawan BRI Konvensional 30 orang jadi total adalah 60 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian, diperoleh indeks validitas item untuk skala persepsi budaya organisasi berkisar antara 0,374-0,803. Reliabilitas item untuk skala perspsi budaya organisasi adalah 0,813-0,887. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah dengan frekuensi dan prosentase. Berdasarkan hasil analisis data terhadap subyek yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pasti ada perbedaan persepsi budaya organisasi dalam satu perusahaan yang dirasakan individu/karyawan BRI jika ditinjau dari karakteristik yang sama. Dari 60 karyawan terdapat 60% (36 orang) yang mempersepsi positif dan 40% (24 orang) mempersepsi negative.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:30
Last Modified: 15 Jun 2016 04:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32060

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo