UMM Institutional Repository

SAFETY AWARENESS DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN PADA TEMPAT KETINGGIAN

Yanti, Sri Puji (2012) SAFETY AWARENESS DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN PADA TEMPAT KETINGGIAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sripujiyan-27362-1-pendahul-n.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sripujiyan-27362-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I Dr. Latipun M.Kes ; Pembimbing II Zakarija Achmat S.Psi, M.Si. Keamanan dalam bekerja adalah sebuah kebutuhan manusia yang fundamental. Untuk sebagian orang keselamatan lebih penting daripada gaji atau kenaikan pangkat. Permasalahan tentang keselamatan dan kesehatan kerja tidak dapat dipisahkan dari permasalahan di dunia industri, karena keselamatan dan kesehatan kerja berkaitan erat dengan peningkatan produksi dan produktivitas. Kesadaran akan keselamatan kerja bagi karyawan sangat penting, karena prosentase kecelakaan kerja masih cukup tinggi yang diakibatkan pengusaha dan pekerja tidak disiplin dalam melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja. Maka kesadaran akan keselamatan dalam bekerja sangat perlu ditumbuhkan agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Salah satu faktor penting dalam melakukan perkerjaan dalam bidang apapun terutama bidang industri, faktor keselamatan adalah hal yang mutlak untuk dijaga oleh setiap individu. Bekerja pada ketinggian memiliki potensi pekerja terjatuh karena perbedaan ketinggian yang dapat menyebabkan cidera atau kematian. Maka peneliti melakukan penelitian tentang kesadaran diri akan keselamatan kerja bagi karyawan yang bekerja di tempat ketinggian agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dikemudian hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengggunakan analisis deskriptif. Pengambilan subjek penelitian yaitu dengan purposive sampling, dimana penetapan sampel oleh peneliti dipilih sesuai dengan karakteristik khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan interview, untuk mengamati dan melihat perilaku subjek pada saat melakukan pekerjaan serta untuk mengumpulkan dokumentasi lapangan serta untuk menggali atau mengungkap lebih lanjut tentang permasalahan dan hal-hal yang ada pada diri subyek. Setelah dilakukan penelitian pada pekerja yang bekerja di tempat ketinggian, diperoleh hasil bahwa ketiga subyek memiliki kesadaran terhadap pentingnya menjaga keselamatan kerja pada saat bertugas ditinjau dari aspek-aspek yang ada, yakni mengenal dan mengetahui keadaan dan perilaku yang tidak selamat di lingkungan kerja, mempelajari cara-cara yang aman dalam bekerja, melakukan pekerjaan dengan aman dan hati-hati, serta mengatasi kecemasan pada saat melakukan pekerjaan yang beresiko.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:27
Last Modified: 15 Jun 2016 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo