UMM Institutional Repository

SUBJECTIVE WELL-BEING PADA ABDI DALEM KERATON KASEPUHAN CIREBON

Rohmawati, Yuni (2012) SUBJECTIVE WELL-BEING PADA ABDI DALEM KERATON KASEPUHAN CIREBON. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--yunirohmaw-27363-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--yunirohmaw-27363-2-babi.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si, (2)Yuni Nurhamida, S.Psi, M,Si. Subjective Well-Being merupakan penilaian seseorang tentang kebahagiaan dan kepuasan hidupnya. Subjective Well-Being atau kesejahteraan subjektif sangatlah penting dalam diri individu karena merupakan salah satu ukuran kualitas hidup individu dan masyarakat. Diener & Suh (1998) mengatakan bahwa Subjective Well-Being adalah salah satu cara untuk menilai kualitas hidup masyarakat yang bisa dilihat salah satunya melalui indikator ekonomi dan sosial. Dengan Subjective Well-Being dapat diketahui bagaimana orang berpikir dan merasakan tentang kehidupan yang telah mereka jalani. Fenomena yang membuat peneliti sangat tertarik adalah terhadap kelompok sosial tertentu yaitu para abdi dalem keraton, mayoritas dari abdi dalem ini sudah bekerja dari muda bahkan dari kecil hingga turun-temurun dengan gaji yang terbatas, tetapi mereka dituntut loyalitas yang tinggi dalam bekerja, dengan kondisi seperti itu mengapa mereka mampu bertahan dengan profesinya dan bagaimana gambaran Subjective Well-Being dari abdi dalem itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang merupakan abdi dalem di Keraton Kasepuhan Cirebon. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Metode analisa data menggunakan analisa kualitatif. Kebsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan informan dalam penelitian ini adalah keluarga dan rekan kerja dari subjek. Dalam penelitian yang telah dilakukan dan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa gambaran Subjective Well-Being dari keempat abdi dalem hampir sama, keempat subjek memiliki aspek dari Subjective Well-Being itu sendiri yaitu kepuasan (ekonomi, pekerjaan dan hubungan sosial) serta lebih banyak mengalami emosi positif daripada emosi negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:25
Last Modified: 15 Jun 2016 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo