UMM Institutional Repository

UPAYA GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MUSLIM BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMPN 18 MALANG

Aulia, Restu (2013) UPAYA GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MUSLIM BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMPN 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rustinah08-31180-2-babi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rustinah08-31180-1-pendahul-n.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan dalam membina keagamaan siswa berkebutuhan khusus studi pada SMPN 18 Malang. Lebih jauh penelitian ini hendak menguraikan proses pembinaan keagamaan siswa berkebutuhan khusus yang dilakukan guru dan guru pendamping khusus, pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Guru Pendamping Khusus. Pemilihan SMPN 18 Malang sebagai setting penelitian didasari SMPN 18 Malang sebagai sekolah Negeri pertama di kota Malang yang menyelenggarakan pendidikan Inklusi dan hingga saat ini SMPN 18 Malang sudah dipercaya pemerintah dan masyarakat sebagai sekolah pengelola pendidikan inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis diskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang terjadi di lapangan, penulis menyertakan table, gambar, dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendamping Khusus dalam membina perilaku keagamaan di SMPN 18 Malang dilakukan dengan cara : 1. Melakukan pendampingan untuk menguatkan materi yang siswa berkebutuha khusus dapatkan dalam kelas yang mengacu pada KBM GPK. 2. Memodifikasi SK/KD/Silabus untuk disesuaikan dengan kemampuan siswa berkebutuhan khusus, 3. Seminggu melakukan out class pertama Proses terapi yang dilakukan seminggu 1 X, dan 2X program pembelajaran Individual. Sedangkan factor penghambatnya 1. Sekolah tidak menyediakan Guru Pendamping Khusus untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam sedangkan guru PAI tidak diberi bekal dalam menangani siswa berkebutuhan khusus. 2. Kegiatan ekstra keagamaan siswa berkebutuhan khusus belum mendapatkan pendampingan khusus. Akhirnya, penulis berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat untuk peneliti, pembaca dan peneliti lain yang melakukan penelitian dengan tema serupa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:08
Last Modified: 15 Jun 2016 05:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32057

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo