UMM Institutional Repository

SIKAP ORANGTUA SISWA REGULER TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF

KUSUMAWARDANI, NOVI RIA (2012) SIKAP ORANGTUA SISWA REGULER TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--noviriakus-27364-1-pendahul-n.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--noviriakus-27364-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Hudaniah, M.Si., Psi (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi., M.Si. Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional. Karena itu pada UUD 1945 pasal 31 (1), negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti anak-anak berkebutuhan khusus. Saat itu pendidikan inklusif masih belum mendapat perhatian dan masih terasing dari masyarakat serta cenderung mendapat penolakan tetapi kemudian dilakukan penggabungan antara pendidikan khusus dengan sekolah normal. Terdapat tuntutan kelompok difabel dalam menyuarakan hak-haknya, maka muncul konsep pendidikan inklusif yaitu mengikutsertakan ABK untuk belajar bersama-sama dengan anak normal di sekolah umum dan menjadi bagian dari masyarakat sekolah tersebut, sehingga tercipta suasana kondusif. Tetapi orangtua siswa reguler tidak mau apabila anak-anak mereka digabungkan dengan anak berkebutuhan khusus. Melihat keadaan ini, sikap orangtua siswa reguler dinilai sebagai sesuatu yang dapat memberikan dukungan terhadap pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap orangtua siswa reguler terhadap pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala sikap orangtua siswa reguler terhadap pendidikan inklusif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan T-score yang dilakukan secara komputasi menggunakan SPSS 17.0for Windows. Dari hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa 76% atau sebanyak 38 orangtua siswa reguler mempunyai sikap positif dan terdapat 24% atau sebanyak 12 orangtua siswa reguler mempunyai sikap yang negatif terhadap pendidikan inklsusif. Sikap orangtua siswa reguler terhadap pendidikan inklusif dibedakan menurut usia dan tingkat pendidikan. Menurut usia dan tingkat pendidikan orangtua siswa reguler cenderung mempunyai sikap yang positif tetapi ada yang mempunyai sikap negatif. Berdasarkan usia, pada usia ≤ 40 tahun cenderung bersikap negatif pada indikator sarana dan prasarana karena orangtua tidak menyetujui adanya sarana yang diperuntukkan untuk ABK. Sedangkan berdasarkan pendidikan, pada tingkat pendidikan SD lebih cenderung bersikap negatif pada indikator sarana dan prasarana serta pada indikator kurikulum. Pada tingkat pendidikan SMP, orangtua bersikap negatif pada indikator sarana dan prasarana. Deskripsi Alternatif :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:15
Last Modified: 15 Jun 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32054

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo