UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KAB MALANG

ALAM, RAHMATIKA RIJAL RATU (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KAB MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmatikar-21941-Bab+I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmatikar-21941-PENDAHUL-N.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangkat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul "Strategi Pembelajaran Al-Quran Di SD Muhammadiyah 08 Dau Kab Malang". Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menerapkan strategi dalam pembelajaran? dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Al Qur’an di SD Muhammadiyah 08 Dau Kab Malang?; (2) Bagaimanakah hasil pembelajaran Al Qur’an di SD Muhammadiyah 08 Dau Kab Malang?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran al-qur’an di SD Muhammadiyah 08 Dau Kab Malang? Berdasarkan uraian pendekatan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian kualitatif merupakan penelitian yang berangkat dari keadaan di lapangan yang bertujuan bukan untuk menguji teori tetapi untuk memahami fenomena yang ada. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah menunjukkan dilaksanakan dengan baik, karena didukung oleh beberapa faktor pendukung, penguasaan materi oleh guru dan guru selalu kreatif di dalam kelas, murid memiliki motivasi yang kuat untuk bisa membaca al Qur’an dengan baik dan lancar, Tersediannya media pembalajaran, Lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Minimnya tenaga pembimbing baca al Qur’an dibanding dengan jumlah murid yang ada, Kurang berminatnya sebagian siswa dalam proses pembelajaran al Qur’an, Waktu yang relatif pendek sehingga dibutuhkan metode praktis yang efektif dan efisien dalam pembelajaran baca Al Qur’an dan Kurangnya fasilitas buku iqro’ dan al qur’an yang disediakan sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi SD Muhammadiyah 08 Dau Kab Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:08
Last Modified: 15 Jun 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo