UMM Institutional Repository

IMPLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

ALFIYAH, (2011) IMPLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfiyah071-22476-BAB+I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfiyah071-22476-PENDAHUL-N.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Untuk itu peneliti merumuskannya kedalam dua rumusan masalah, yaitu 1) Apakah pembelajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah mahasiswa tarbiyah yang telah mengikuti matakuliah teknologi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan mengungkap hubungan antara dua hal yaitu pembelajaran berbasis teknologi informasi dan motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data diuji dengan program SPSS 15, sedangkan uji korelasi variable X dan variable Y dengan menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment dan bantuan program SPSS 15. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah dengan nilai koefisien korelasi 0.529 yang lebih besar dari 0.389 dengan taraf signifikansi 1%. Pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki pengaruh yang sedang (cukup berpengaruh) terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah berdasarkan pada nilai koefisien korelasi = 0.529 yang berada diantara nilai 0,40 - 0,599 pada table interpretasi r.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:07
Last Modified: 15 Jun 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32050

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo