UMM Institutional Repository

PENETAPAN PENGADILAN SEBAGAI BENTUK KEPASTIAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PENGANGKATAN ANAK

FAUZIA, RIZQI (2012) PENETAPAN PENGADILAN SEBAGAI BENTUK KEPASTIAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PENGANGKATAN ANAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rizqifauzi-27297-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rizqifauzi-27297-1-pendahul-n.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Pengangkatan anak atau adopsi adalah suatu perbuatan mengambil anak orang lain ke dalam keluarganya sendiri, sehingga dengan demikian antara orang yang mengangkat anak dan anak yang diangkat timbul suatu hubungan hukum. Motif atau tujuan untuk melakukan pengangkatan anak (adopsi) bukanlah merupakan suatu perbuatan hukum berupa penyerahan barang tetapi lebih pada adanya kesungguhan, cinta kasih, dan segala akibat hukum dari pengangkatan anak bagi para pihak baik bagi calon anak angkat, orang tua angkat maupun bagi orang tua kandung si calon anak angkat tersebut. Karena itu anak angkat merupakan anak yang berada dalam pemeliharaan sehingga kebutuhan hidupnya sehari-hari, biaya pendidikan dan sebagainya beralih tanggungjawabnya dari orang tua asal kepada orang tua angkatnya. Oleh karena itu pengesahan pengangkatan anak melalui pengadilan dengan produk hukumnya yang berupa penetapan pengadilan sangatlah penting. Hal ini dikarenakan dengan adanya penetapan pengadilan maka akan menjamin kepastian dan perlindungan hukum bagi pihak-pihak yang bersangkutan terutama bagi anak. Apabila ada permasalahan setelah pengangkatan anak maka terdapat bukti tertulis yang sah sebagai dasar yang kuat. Akan tetapi masyarakat kurang menyadari akan pentingnya pengangkatan anak melalui pengadilan. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya perkara pengangkatan anak yang diajukan di pengadilan dan lebih memilih mengangkat anak secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pengangkatan anak di Pengadilan Agama, 2) Untuk mengetahui urgensi penetapan pengangkatan anak dalam menjamin kepastian dan perlindungan hukum di Pengadilan Agama, 3) Untuk mengetahui akibat hukum yang timbul dalam pengangkatan anak Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis yaitu dengan cara mencari informasi kepada hakim Pengadilan Agama dan Panitera selain itu juga melihat bagaimana penerapannya atau pelaksanaanya dalam masyarakat terutama di Pengadilan Agama Kota Madiun melalui penelitian lapangan, menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan, hukum Islam dan buku-buku. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengangkatan anak yang telah memperoleh penetapan dari pengadilan maka anak angkat memperoleh pengakuan yang jelas dalam masyarakat dan perlindungan hukum, sehingga diketahui pula hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua maupun anak angkat. Dan apabila terjadi permasalahan yang terjadi maka penetapan pengadilan merupakan bukti yang sah dalam penyelesaianya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:54
Last Modified: 15 Jun 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo