UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU III PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 02 TAHUN 2008 PASAL 691 TENTANG ZAKAT

Mauludi Ar, Khairul (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU III PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 02 TAHUN 2008 PASAL 691 TENTANG ZAKAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-khairulmau-22078-BAB+I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-khairulmau-22078-PENDAHUL-N.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Zakat sebagai rukun Islam merupakan kewajiban setiap muslim yang mampu membayarnya dan diperuntukkan bagi mereka yang berhak menerimanya. Pada saat ini, Indonesia telah mengeluarkan peraturan mengenai zakat. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat. Hal ini dilakukan salah satunya untuk upaya penyempurnaan sistem pengumpulan zakat, agar zakat lebih berhasil dan berdaya guna serta dapat dipertanggungjawabkan, serta dikeluarkan juga peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 02 tahun 2008 tentang kompilasi hukum ekonomi syariah buku III tentang zakat yang berisi antara lain mengenai saksi bagi orang-orang yang tidak untuk berzakat. Di dalam pasal 691 huruf a dijelaskan bahwa barangsiapa yang tidak menunaikan zakat maka akan dikenai denda dengan jumlah tidak melebihi dari besarnya zakat yang wajib dikeluarkannya. Dilanjutkan pada huruf b, denda sebagaimana dimaksud dalam angka (1) didasarkan pada putusan pengadilan. Dan orang-orang yang terkena jeratan pasal ini adalah orang-orang yang menghindar dari menunaikan zakat, maka dia dikenakan denda dengan jumlah tidak melebihi (20%) dari besarnya zakat yang harus dibayarkan, dan zakat yang harus dibayarkan ditambah dengan denda dapat diambil secara paksa oleh juru sita untuk diserahkan kepada badan amil zakat daerah atau kabupaten/kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, Pendekatan secara yuridis yaitu memandang hukum sebagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat, sesuai dengan norma-norma tertulis yang dibuat dan diundangkan oleh lembaga atau pejabat yang berwenang yang mengacu pada ketentuan yang terdapat dalam Undang-undang yang mengatur tentang perikatan. Sedangkan pendekatan secara sosiologis yaitu lebih mengacu pada berlakunya atau realita yang terjadi Kemudian data yang terkumpul dari berbagai sumber yang relevan dianalisis secara kualitatif, dengan menggunakan penalaran deskriptif. Berikut hasil analisis yang telah penyusun lakukan, maka kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa pasal 691 peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 02 tahun 2008 tentang kompilasi hukum ekonomi syariah buku III tentang zakat belum efektif sama sekali untuk menjerat orang-orang yang tidak mau berzakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:44
Last Modified: 15 Jun 2016 02:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32041

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo