UMM Institutional Repository

ANALISIS FATWA MUI KOMISI B-1 TENTANG HUKUM MEROKOK

YAMAN, FARID (2011) ANALISIS FATWA MUI KOMISI B-1 TENTANG HUKUM MEROKOK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-faridyaman-22475-BAB+I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-faridyaman-22475-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Merokok, dalam wacana keseharian adalah suatu perbuatan yang terlanjur mendapatkan stigma buruk di masyarakat. Dampak Rokok menyangkut berbagai bidang, yaitu ekonomi, kesehatan, psikis dan sosiologis. Namun di sisi lain, industri rokok berhasil mempergiat petani tembakau, menumbuhkan perdagangan tembakau, membuka kesempatan kerja, dan menyumbang penghasilan pajak dan devisa negara. Hukum merokok tidak disebutkan secara jelas oleh al-Quran dan sunnah, oleh karena itu banyak muncul pendapat mengenai penetapan hukum merokok baik oleh ulama maupun organisasi keagamaan yang keputusan hukumnya sering menjadi rujukan bagi masyarakat banyak. Sebagaimana layaknya masalah yang hukumnya digali lewat ijtihad, maka dalam kasus merokok juga terjadi perselisihan dalam penetapan hukumnya. Penulis tertarik untuk meneliti bagaimana metode istinbat hukum yang dilakukan oleh Dewan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dan bagaimana kedudukan Fatwa MUI dalam Hukum Islam dan Hukum Positif di indonesia . Penelitian ini merupakan Penelitian pustaka (library research) yaitu, penelitian dari data-data yang diperoleh dari bahan pustaka yang pembahasannya berkaitan dengan hukum merokok, baik bahan primer maupun bahan skunder. Kajian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif, yakni mendeskripsikan atau menguraikan data-data yang berkaitan dengan hukum merokok dalam perspektif Islam dan Majelis Ulama Indonesia yang telah diperoleh dan data-data dari berbagai segi untuk kemudian dianalisa guna mendapatkan suatu pandangan ataupun kesimpulan yang relevan pada saat ini. Setelah dilakukan penelitian, terhadap istinbat hukum merokok serta latar belakangnya, Dewan Hisbah dalam istinbat mamahami nas berpegang pada makna asal dan dzahir ayat, dengan memberikan perhatian pada kalimat yang memberikan batasan cakupan makna. Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam istinbat memahami nas} berpegang pada makna dan zahir ayat saja sehingga merokok di anggap kebiasaan yang buruk dan membahayakan, keputusan hukum ini dilatar belakangi oleh pendekatan kemanfaatan dan kemadharatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:33
Last Modified: 15 Jun 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32038

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo