UMM Institutional Repository

SIKAP TERHADAP PROGRAM SAFETY RIDING PADA REMAJA SISWA SMAN 2 MATARAM NTB

Afriyanti, Tri Utami (2012) SIKAP TERHADAP PROGRAM SAFETY RIDING PADA REMAJA SISWA SMAN 2 MATARAM NTB. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--triutamiaf-27367-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--triutamiaf-27367-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu-lintas adalah suatu kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Masalah perilaku berlalu lintas sudah merupakan suatu fenomena yang umum terjadi di kota-kota besar bahkan di negara-negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia. Kurangnya ketertiban lalu lintas merupakan hal yang mencolok saat ini. Masyarakat terutama para remaja di kota Mataram terlihat seenaknya dalam berkendaraan di jalan raya, yang mengakibatkan banyaknya kecelakaan lalu lintas dan tidak sedikit memakan korban jiwa. Pada dasarnya kecelakaan itu disebabkan pengemudi dalam mengemudikan kendaraan kurang berhati-hati, terlalu cepat dan dalam berkendaraan tidak memperdulikan rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan raya. Dalam mengatasi meningkatnya kecelakaan bermotor, maka Pemerintah menerapkan program saefty ridding. Program safety riding ini meliputi kelengkapan berkendaraan, seperti helm, spion, dan lampu sein untuk motor serta adanya sabuk pengaman untuk mobil, juga meliputi kelengkapan surat-surat untuk kendaraan tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sikap terhadap program safety riding pada remaja di kota Mataram NTB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja siswa SMAN 2 Mataram sebanyak 100 orang yang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 3 yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap terhadap program safety ridding dengan jumlah 39 item. Tehnik analisa data menggunakan t-¬score dan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Sikap remaja siswa SMAN 2 Mataram lebih cenderung negatif dengan prosentase 51%, dan 49% sikap remaja siswa SMAN 2 Mataram yang memiliki sikap positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:19
Last Modified: 14 Jun 2016 08:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32030

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo