UMM Institutional Repository

PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWI MENGGUNAKAN CADAR

ARIANTO, ARYVIA WINDA CHARULINA (2012) PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWI MENGGUNAKAN CADAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--aryviawind-27502-1-pendahul-n.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--aryviawind-27502-2-babi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Banyaknya kontroversi tentang penggunaan cadar pada wanita muslimah, khususnya di kalangan mahasiswi tidak menyurutkan jumlah pemakainya. Saat ini sudah terdapat banyak mahasiswi di beberapa kampus di Indonesia yang menjalankan aktivitas sehari-hari dan perkualiahannya dengan menggunakan cadar. Tindakan para mahasiswi menggunakan cadar, tentu dilakukan setelah melewati proses pengambilan keputusan untuk menggunakan cadar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengambilan keputusan mahasiswi dalam menggunakan cadar. Dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data berupa wawancara. Teknik wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terarah, dimana wawancara ini merupakan teknik gabungan antara wawancara tak terstruktur dan wawancara terstruktur. Metode keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber yaitu menguji data dengan cara membandingkan data yang telah diperoleh dari hasil wawancara dengan subyek dengan hasil wawancara dengan informan lain seperti teman dekatnya atau kerabat. Penelitian ini dilakukan pada 3 orang subyek mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang yang menggunakan cadar. Hasil analisis data menemukan bahwa mahasiswi memutuskan untuk menggunakan cadar adalah karena ceramah dari ustad (guru agama), membaca alquran, pengaruh lingkungan, dukungan suami (keluarga), mahasiswi yang menggunakan cadar menunjukkan bahwa dirinya sebagai muslimah yang lebih mulia, mampu menjaga diri dan merepresentasikan dirinya sebagai pencari ridho Allah. Mereka menggunakan cadar karena berkeinginan mengikuti kebiasaan para istri dan anak Nabi serta istri sahabat Nabi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:15
Last Modified: 14 Jun 2016 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32027

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo