UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA WALI MURID DI TK LUAR BIASA PUTRA JAYA MALANG

SAPUTRA, ISNADIE FEBRIAN (2012) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA WALI MURID DI TK LUAR BIASA PUTRA JAYA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--isnadiefeb-27503-1-pendahul-n.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--isnadiefeb-27503-2-babi.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dengan orang tua / wali merupakan salah satu tanggung jawab terbesar bagi seorang guru. Meskipun guru memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan mempengaruhi kehidupan anak-anak, mereka akhirnya kembali kepada orang tua. Jika guru gagal untuk menjaga komunikasi dengan orang tua tentang kemajuan anak mereka di sekolah, guru akan kehilangan kesempatan yang sangat bagus untuk membuat jembatan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan anak. Orang tua dan guru harus bekerja sama untuk memastikan anak-anak belajar secara efektif dan mendapatkan yang terbaik bagi pendidikan mereka. Penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu wawancara dan observasi. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriftif kualitatif adalah suatu analisa dengan menggunakan cara pengumpulan data dan informasi yang diperoleh dari data primer dan data sekunder secara jelas, sehingga nantinya dapat ditarik suatu kesimpulan dari berbagai masalah yang ada. Subyek penelitian disebut sebagai informasi peneliti yaitu para guru dan orang tua murid di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Putra Jaya Malang. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penghambat komunikasi guru dengan orang tua wali murid di TKLB PUTRA JAYA MALANG. Adapun faktor penghambat tersebut yaitu dari faktor dari orang tua yang meliputi: sulit mencari orang tua dan rumah jauh, orang tua tidak perhatian, kesibukan orang tua, kemampuan orang tua, faktor ekonomi dan orang tua yang over komunikasi dan guru. Faktor selanjutnya yaitu berasal dari faktor dari guru yang meliputi kurangnya motivasi guru untuk melakukan kunjungan kepada wali murid (home visit), kurangnya respon dari orang tua dalam proses komunikasi, sulit menyesuaikan waktu dan kurang adanya kerjasama antara guru dan wali, misal murid membawa bekal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:13
Last Modified: 14 Jun 2016 08:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32026

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo