UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG POLA ASUH ORANGTUA PADA SISWA AKSELERASI DAN NON AKSELERASI

WIJAYANTI, WINDHA FITRIA PUTERI (2012) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG POLA ASUH ORANGTUA PADA SISWA AKSELERASI DAN NON AKSELERASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--windhafitr-27507-1-pendahul-n.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--windhafitr-27507-2-babi.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan yang sering dinyatakan dengan angka IQ (Intelligence Quotient), bukan satu-satunya jaminan bagi kesuksesan seorang anak di masa depan. Faktor lain yang perlu mendapat perhatian serius dari orangtua adalah kecerdasan emosional. Salah satu aspeknya adalah kecerdasan sosial, dimana anak memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain serta bertindak bijaksana dalam hubungan antar manusia. Kecerdasan emosional juga meliputi kemampuan seseorang untuk mengenali emosinya sendiri serta mengelola emosi tersebut dengan cara yang benar. Kemudian juga kemampuan untuk memotivasi diri sendiri serta tetap bersemangat untuk menghadapi berbagai kesulitan. Mengasuh anak dengan EQ ((Emotional Quotient) bertujuan menciptakan keluarga yang harmonis dan membuat anak-anak tumbuh dewasa dengan disiplin diri dan tanggung jawab. Oleh karena itu setiap orangtua mempunyai cara sendiri-sendiri dalam mendidik anaknya yang mempengaruhi perilaku dan perkembangan emosional, social dan intelektual anak. Adanya berbagai macam pola asuh seperti pola asuh permisif, otoriter dan demokratis akan mengakibatkan anak memiliki kecerdasan emosional yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari persepsi tentang pola asuh orangtua antara kelas akselerasi dan non akselerasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kediri dengan menggunakan 2 skala yaitu skala kecerdasan emosional dan skala persepsi pola asuh orangtua. Pengujian hipotesa menggunakan teknik analisa anava non parametrik 1 jalur. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari persepsi tentang pola asuh orangtua pada siswa akselerasi dan non akselerasi. Hal ini didukung dengan hasil pengujian statistik anava non parametik yang telah dilakukan pada kelas akselerasi (p = 0.257 > 0.05) dan non akselerasi (p = 0.083 > 0.05) membuktikan bahwa kecerdasan emosional ditinjau persepsi tentang pola asuh orangtua pada kelas akselerasi dan non akselerasi yaitu tidak signifikansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:12
Last Modified: 14 Jun 2016 08:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32025

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo