UMM Institutional Repository

PELATIHAN KOMPETENSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SANTRIWATI

Fithri, Azkia (2012) PELATIHAN KOMPETENSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SANTRIWATI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--azkiafithr-27508-1-pendahul-n.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--azkiafithr-27508-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Self disclosure merupakan keterampilan sosial yang sangat penting bagi remaja. Remaja memiliki tugas perkembangan untuk berada pada lingkungan sosial yang lebih luas dan membangun social support dari keluarga dan teman sebaya. Begitu juga dengan santriwati, kehidupan yang terpisah dari lingkungan keluarga dan berada di lingkungan yang baru bersama kiai, ustadz dan santriwati yang lain menuntut santriwati memiliki kemampuan self disclosure yang baik. Kemampuan self disclosure yang rendah dapat berakibat pada kemampuan akademik dan kesehatan mental. Dengan demikian, self disclosure perlu ditingkatkan. Salah satu cara meningkatkan self disclosure adalah melalui pelatihan kompetensi sosial. Pelatihan ini akan membantu santriwati mengenali diri dan lingkungan sosial sehingga santriwati mudah mengenali lingkungan dan mengambil keputusan untuk melakukan self disclosure. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang menggunakan nonrandomized pre test-post test control group design. Sampel yang digunakan 9 orang yang masuk dalam kelompok eksperimen dan 9 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah alat tes kepribadian EPI dan skala self disclosure. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisis uji nonparametric. Ada dua analis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis uji Mann Whitney U test untuk menganalisis hasil dari pre test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang kedua adalah uji wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji hasil pre test dan post test dari kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji Mann Whitney menghasilkan nilai 0,534 dan uji Wilcoxon menghasilkan angka 0,92. Berdasarkan kedua uji di atas, pelatihan kompetensi sosial belum dapat memberikan peningkatan pada self disclosure santriwati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:10
Last Modified: 14 Jun 2016 08:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32024

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo