UMM Institutional Repository

PERSEPSI WAJIB PAJAK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK KOTA MALANG

Pratama, Muh. Fadhlan Adi (2012) PERSEPSI WAJIB PAJAK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muhfadhlan-27573-1-pendahul-n.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muhfadhlan-27573-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan yang baik datang dari sudut pandang konsumen, dalam hal ini yaitu wajib pajak, bukannya dari sudut pandang penyedia layanan.Hal ini dikarenakan persepsi adalah proses dimana kita mengorganisasi dan menafsirkan pola stimulus dalam lingkungan (Atkinson, 1983). Respon wajib pajak terhadap kualitaspelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak tergantung pada persepsi wajib pajak atas pelayanan yang mereka terima. Dalam pengertian yang sederhana, wajib pajak menginginkan kualitas pelayanan yang prima dalam hal proses pelayanan pajak, semakin baik kualitas pelayanan maka semakin positif persepsi wajib pajak terhadap kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini sebanyak 52 orang, yang diambil dari wajib pajak yang berada di Kantor Pelayanan Pajak kota Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan analisa alpha. Analisa datanya menggunakan teknik analisa yang menggunakan rumus T-score.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dari 52 subyek, sebagian besar persepsi wajib pajak terhadap kualitas pelayanan KPP Kota Malang adalah positif yakni sebanyak 28 orang atau 53,8%. Sedangkan masih adanya wajib pajak yang memiliki persepsi negatif terhadap kualitas pelayanan yaitu sebanyak 24 orang dari 52 orang yang diambil sebagai subjek penelitian atau 46,2% tersebut menunjukkan bahwa KPP Kota Malang harus lebih giat meningkatkan kualitas pelayanannya agar semakin banyak wajib pajak yang memiliki persepsi yang positif tentang kualitas pelayanan yang diberikan oleh KPP Kota Malang.Secara umum,hasil ini menunjukkan bahwa para wajib pajak yang menerima pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kota Malang memiliki persepsi positif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh KPP Kota Malang.Artinya kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kota Malang dianggap sudah baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:09
Last Modified: 14 Jun 2016 08:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32023

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo