UMM Institutional Repository

“PREFERENSI PEREMPUAN SEBAGAI BURUH PEMETIK TEH” (Study Fenomenologi Kalangan Buruh PTPN XII (PERSERO) di Kebun Teh Wonosari, Malang)

PRATOMO, GIGIH WAHYU (2012) “PREFERENSI PEREMPUAN SEBAGAI BURUH PEMETIK TEH” (Study Fenomenologi Kalangan Buruh PTPN XII (PERSERO) di Kebun Teh Wonosari, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--gigihwahyu-27226-2-babi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--gigihwahyu-27226-1-pendahul-n.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing I : Dr. Vina Salviana. D. S, M.Si., Dosen Pembimbing II : Muhammad Hayat, S.Sos. Kondisi kekinian yang mencerminkan sisi humanisme memberikan efek positif untuk perkembangan kehidupan, salah satunya adalah kesamaan derajat pada wilayah publik. Kapasitas perempuan dalam memperoleh akses pendidikan demi peningkatan mutu hidupnya adalah kecenderungan yang saat ini lebih mudah dijumpai. Keinginan untuk memperbaiki kondisi ini juga dapat dijumpai pada perempuan yang berada di kawasan sekitar kebun teh Wonosari Malang, yaitu tepatnya di kaki Gunung Arjuna. Mereka adalah perempuan yang dalam hal ini tidak hanya selaku menjadi ibu rumah tangga saja, namun juga menjadi sosok profesional pekerja (karyawan), yang itu bertujuan demi perbaikan ekonomi rumah tangga mereka. Perempuan super, bekerja dengan konsekuensi double telah diperankan oleh mereka. Perempuan pemetik teh adalah wujud dari sisi “Profesionalisme” dan “Rasionalisme” dalam pencapaian preferesi terhadap wilayah profesi mereka. Berangkat dari sudut keseharian dan spirit untuk bekerja yang tinggi, mereka terdorong dengan sendirinya pada posisi ini. Kebiasaan dari kecil, memberikan pengalaman sendiri kepada mereka dalam dunia pertanian dan lingkungan kerja pemetikan. Term fenomenologi dari Hegel yang menjelaskan bahwa sisi “akal” dan “pengalaman” akan mengantarkan individu pada letak yang lebih baik dalam kehidupannya melalui bentuk-bentuk rangkaian usaha di kesehariannya. Riwayat kinerja leluhur yang kemudian menjadi penghidupan secara turun – temurun pada masyarakat ini, seakan menjadi siklus yang memadai dan terangkai rapi dibalik kehidupan masyarakat ini. “Motif masa lalu” dan “Motif masa depan” dari mereka sangat mempengarui tindakan dalam keseharian mereka. Dengan latar kondisi kemiskinan dan ketergantungan pada alam, mereka menjadikan suatu bentuk eksistensi dalam memanfaatkan potensi alam tersebut, dan tercermin dalam bentukan keseharian mereka. Pengalaman atas refleksi kondisi kehidupan masa lalu merekalah yang membuat hal tersebut mendasari pola rasionalitas dalam pilihan mereka untuk bertindak dan akhirnya memutuskan bekerja. Fenomenologi berusaha mengungkapkan sisi intersubyektif individu, dimana akan terlihat situasi yang mempengaruhi dan menjadikan individu khususnya para perempuan sekitar kebun teh Wonosari tetap bertahan dalam pemilihan kehendak untuk menjadi pemetik teh. Pekerjaan yang berdasar pengalaman keseharian kehidupan sekitar mereka. Yang pengalaman itu boleh jadi mereka peroleh dari kebiasaan dan bukan dengan teori yang lebih dulu terpikirkan oleh mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:15
Last Modified: 14 Jun 2016 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32021

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo