UMM Institutional Repository

FENOMENA KECANDUAN MAIN VIDEO GAME DIKALANGAN MAHASISWA (Studi Pada 5 Mahasiswa Pecandu Video Game Di Kota Malang)

ZUANA, YASIRU (2012) FENOMENA KECANDUAN MAIN VIDEO GAME DIKALANGAN MAHASISWA (Studi Pada 5 Mahasiswa Pecandu Video Game Di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--yasiruzuan-27293-2-babi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--yasiruzuan-27293-1-pendahul-n.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Video Game merupakan sebuah permainan yang diciptakan lewat piranti software. Pada perkembangan nya saat ini Video Game ada dua tipe, yaitu Online dan Offline. Game Online adalah game yang dimainkan melalui media akses internet untuk memainkannya dan bisa dimainkan secara bersamaan dengan gamer lain yang berbeda tempat, sedangkan game yang berjenis Offline hanya bisa dimainkan oleh pemain dalam satu tempat dan waktu yang sama. Permainan Video Game sekarang ini tidak hanya disenangi oleh anak-anak saja, sekarang ini permainan Video Game sudah mampu menembus berbagai lapisan umur dan berbagai lapisan masyarakat. Dalam penelitian ini yang berjudul “Fenomena kecanduan Main Video Game Dikalangan Mahasiswa” peneliti mau meneliti tentang bagaimana kecanduan main Video Game yang terjadi dikalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa yang ada di Kota Malang, mengingat Kota Malang menyandang predikat sebagai Kota Pelajar, yang mana di Kota Malang banyak terdapat mahasiswa, selain itu di Kota Malang banyak terdapat warnet-warnet yang menyediakan fasilitas Video Game dan juga banyak terdapat rental-rental penyewaan Playstation, toko-toko Video Game beserta rental-reantal penyewaan disc Video Game. Dalam penelitian ini subyek penelitiannya adalah mahasiswa aktif yang berada di Kota Malang. Lokasi penelitiannya di Kota Malang. Analisis teorinya menggunakan teori Postmodern Simularca dan Hiyperealitas, Jean Baudrillard. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 5 subyek penelitian, dan dari 5 subyek penelitian tersebut, peneliti menemukan 8 bentuk candu bermain Video Game yang ada dikalangan mahasiswa, yang pertama adalah menghabiskan waktu selama satu malam/satu hari untuk bermain Video Game. kedua selalu update terhadap perkembangan semua hal yang berhubungan dengan Video Game. Ketiga cenderung mengabaikan hal-hal lain yang lebih penting. keempat mengejar prestasi di dunia Video Game. kelima memperhatikan alat-alat lain guna meningkatkan prestasinya di dunia game. keenam memilih teman sesama gamer. ketujuh aksesoris yang dipakai mencerminkan simbol-simbol yang ada didalam sebuah permainan Video Game. kedelapan memilih jurusan dalam perkuliahan karena motivasi untuk lebih memahami bahasa Video Game. Selain bentuk-bentuk kecanduan bermain Video Game di atas, dalam penelitian ini peneliti juga menemukan faktor-faktor sosiologis yang mempengaruhi candu bermain Video Game yang ada dikalangan mahasiswa antara lain sebagai berikut: Dan faktor-faktor sosiologis yang menyebabkan candu bermain Video Game adalah antara lain: dampak perkembangan tekhnologi di era post modern, pengaruh media massa, kontinuitas produksi Video Game dengan peningkatan kualitas produk, realitas pada Video Game cukup memberikan kepuasaan dari pada dunia nyata, adanya prestise antar sesama gamer, pengaruh pergaulan lingkungan sekitar, selain itu juga disini peneliti juga memaparkan tentang dampak dari kecanduan main Video Game. Hasil temuan-temuan yang ada di dalam penelitian ini selanjutkan akan di analisis menggunakan teori Postmodern Jean Baudrillard, Simularca dan hyperealitas. Dan diharapkan hasil dari penelitian ini bisa menjadi bahan kajian baru atau informasi baru bagi mahasiswa-mahasiswa sosiologi pada khususnya dalam hal kajian teori Postmodern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:02
Last Modified: 14 Jun 2016 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo