UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BEKERJA PADA MAHASISWA

Miswanda, Hilman Hernadi (2012) HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BEKERJA PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hilmanhern-27587-1-pendahul-n.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hilmanhern-27587-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan untuk bekerja dilakukan mahasiswa bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mencapai taraf hidup yang lebih baik. Dalam pengambilan keputusan untuk bekerja seseorang mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk melihat hal yang benar dan yang salah. Selain kemampuan penguasaan terhadap masalah, orientasi pengambilan keputusan sebenarnya dipengaruhi dan didukung oleh faktor psikologis, salah satu faktor psikologis yang berkaitan dengan orientasi pengambilan keputusan adalah kematangan emosi.. Jika tidak didorong dengan kematang emosi yang tinggi, maka seseorang mahasiswa akan sulit untuk mengambil keputusan untuk bekerja. Mahasiswa yang matang secara emosi akan dapat memilah dan memilih apa yang terbaik dan yang harus dihidarinya, sehingga nantinya dapat mengambil keputusan secara tepat bagi dirinya, serta dapat membedakan keputusan mana yang benar dan salah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan pengambilan keputusan untuk bekerja pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan teknik sampel purposif. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada 2 skala yang digunakan yaitu skala kematangan emosi dan skala pengambilan keputusan untuk bekerja yang disusun oleh peneliti sendiri, untuk metode analisa data dengan menggunakan teknik Product Moment dari Karl Pearson yang dibantu dengan program komputer SPSS 18.0 for Windows. Dari analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa (r = 0,750 ; p = 0,000) maka dapat disimpulkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan pengambilan keputusan untuk bekerja pada mahasiswa. Hal ini berarti bahwa bila kematangan emosi tinggi maka, memiliki pengambilan keputusan untuk bekerja baik dan bila kematangan emosi rendah maka, pengambilan keputusan untuk bekerja buruk. Dari penelitian ini didapatkan koefisien determinan variabel (r2) sebesar 0,560 yang artinya sumbangan efektif kematangan emosi dengan pengambilan keputusan untuk bekerja adalah sebesar 56%, dan sisanya sebesar 44% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:00
Last Modified: 14 Jun 2016 08:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32016

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo