UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN REMITAN PADA KELUARGA BURUH MIGRAN PEREMPUAN AKIBAT PERUBAHAN PERAN GENDER (Studi di Desa Ngajum Kecamatan Ngajum Kabupatean Malang)

Wahidah, Nuryu (2012) PENGELOLAAN REMITAN PADA KELUARGA BURUH MIGRAN PEREMPUAN AKIBAT PERUBAHAN PERAN GENDER (Studi di Desa Ngajum Kecamatan Ngajum Kabupatean Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nuryuwahid-27294-2-babi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nuryuwahid-27294-1-pendahul-n.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing : I: Dra. Tutik Sulistyowati, M.Si, II: Muhammad Hayat, S.Sos Kesulitan ekonomi, sempitnya lapangan pekerjaan dan upah rendah di negara berkembang mendorong penduduk untuk mengadu nasib ke negara maju, sebagaian besar pekerja migran dari negara berkembang ini adalah terdorong oleh upah yang relatif lebih tinggi dibanding upah yang diterima di negara asal. Kurangnya lapangan pekerjaan di daerah pedesaan dapat mempengaruhi pola pikir sebagian masyarakat yang merasa penghasilan sebagi petani dianggap kurang memenuhi kebutuhan hidup keluarga, atau bahkan ada masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian sebagai sumber penghasilan yang mengakibatkan kekurangan ekonomi dan kemiskinan memaksa mereka untuk berupaya mencari pekerjaan yang dianggap bisa memenuhi kebutuhan ekonomi anggota keluarga. Begitu juga yang terjadi pada keluarga inti buruh migran perempuan dimana istri menjadi buruh migran perempuan demi mencari nafkah yang dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penghasilan yang dikirim oleh buruh migran perempuan untuk keluarganya di daerah asal biasa disebut dengan istilah remitan. Remitan kemudian dikelola oleh keluarga yang berada di rumah (daerah asal). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengelolaan remitan pada keluarga buruh migran perempuan dengan studi pengelolaan remitan akibat perubahan peran gender pada Masyarakat Desa Ngajum Kec. Ngajum Kab. Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, dimana peneliti menggunakan subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi berupa arsip dan foto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposif sampling dengan kriteria keluarga inti buruh migran perempuan dan keluarga inti yang mempunyai anak umur diatas 3 tahun dari kriteria tersebut maka diperoleh sampel sebanyak 10 orang. Sedangkan teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional (James S. Coleman). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan remitan dugunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga, untuk biaya sekolah dan investasikan sebagai modal ketika buruh migran perempuan kembali ke daerah asal. Dari 10 subjek penelitian, yaitu terdapat 9 subjek penelitian berstatus sebagai ayah dan 1 subjek berstatus sebagai anak, kesepuluh subjek menggantikan peran ibu diwilayah domestik yaitu berperan sebagai pengelola remitan dan mangatur segala kebutuhan rumah tangga. Perubahan peran gender terjadi ketika buruh migran perempuan yang seharusnya berada di wilayah domestik kemudian mencari pekerjaan di wilayah publik dengan meninggalkan suami dan anak-anaknya, perubahan peran terjadi dimana suami yang akan mengurus segalah kebutuhan keluarga yang ada di rumah termasuk bekerja untuk mmendapatkan penghasilan, mengurus rumah tangga, mengelola penghasilan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:00
Last Modified: 14 Jun 2016 08:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32015

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo