UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN METROSEKSUAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA

Mauludiyah, Fina (2012) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN METROSEKSUAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--finamaulud-27593-1-pendahul-n.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--finamaulud-27593-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi kali ini pria sudah tidak malu lagi untuk memperhatikan penampilannya secara prima. Dengan kata lain telah terjadi pergeseran peran pria dan wanita sejalan dengan perubahan dan kebutuhan. Pria-pria ini memiliki komunitas yang bisa disebut metroseksual. Fenomena metroseksual tidak hanya menyerang model pria, orang-orang media, pengacara ataupun manajer namun kini fenomena itu telah menyerang masyarakat awam termasuk juga mahasiswa. Mahasiswa menjadi sangat rentan terserang fenomena metroseksual karena arahan teknologi dan motivasi sosial yang mendorong mahasiswa menjadi pribadi yang sempurna di depan publik. Mahasiswa metroseksual kini semakin banyak jumlahnya. Mereka biasanya melakukan perawatan tubuh di salon dan ngegym rutin dilakukan untuk menjadikan mereka lebih fit. Tidak hanya pintar merawat diri namun pria metroseksual dikatakan berbeda dengan pria lain yaitu lebih emosional. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memfokuskan penelitian tentang kecenderungan metroseksual dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, dengan subyek penelitian 50 orang mahasiswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan simple random samplingyang diambil dari populasi mahasiswa di Malang. Pengambilan data menggunakan skala metroseksual dan skala kecerdasan emosional. Selanjutnya akan dilakukan uji validitas & reliabilitas, kemudian akan dilakukan analisis data menggunakan product moment. Dari korelasi hasil analisa data dapatdiketahui nilai koefisien korelasi (r) = 0,495 yang dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kecenderungan metroseksual dengan kecerdasan emosional. Kecenderungan metroseksual memberikan sumbangan efektif terhadap kecerdasan emosional sebesar 24,5% sedangkan sisanya 75,5% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini berarti bahwa kecenderungan metroseksual akan mempengaruhi tingginya kecerdasan emosional padataraf 24,5% dan sisanya adalah faktor yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:56
Last Modified: 14 Jun 2016 07:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo