UMM Institutional Repository

GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI SAUDARA KANDUNG PENYANDANG TUNA RUNGU

Febrina, Ria Lyka (2012) GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI SAUDARA KANDUNG PENYANDANG TUNA RUNGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rialykafeb-27594-1-pendahul-n.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rialykafeb-27594-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tuna rungu adalah suatu istilah yang menggambarkan keadaan kemampuan mendengar yang kurang atau tidak berfungsi secara normal sehingga tidak mungkin lagi diandalkan untuk belajar bahasa dan wicara tanpa dibantu dengan metode dan peralatan khusus. Keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki penyandang tuna rungu antara lain, adalah sulitnya berkomunikasi secara verbal, sulit mendengar dengan jelas, tidak mengerti dan tidak paham dengan apa yang dibicarakan, salah mengartikan maksud dari pembicaraan atau salah paham, dan kondisi emosi yang tidak stabil dan mudah marah. Dimana saudara kandung harus menyesuaikan diri dengan keadaan serta kondisi dari saudara tuna rungunya. Keadaan ini sangat mempengaruhi tingkah laku dan kondisi emosi saudara kandung penyandang tuna rungu, disamping itu saudara kandung penyandang tuna rungu juga memiliki penyesuaian diri yang jauh berbeda dibandingkan dengan saudara kandung yang memiliki saudara normal. Ini berkaitan dengan bagaimana penyesuaian diri saudara kandung terhadap keadaaan dan kondisi dari saudara tuna rungunya tersebut. Apabila saudara kandung penyandang tuna rungu tidak dapat menyesuaikan diri dengan saudara tuna rungunya, maka hubungan antar saudara dapat menimbulkan konflik dan tidak terjalin dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bagaimana gambaran penyesuaian diri saudara kandung yang memiliki saudara penyandang tuna rungu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dekskriptif. Subyek penelitian ini adalah saudara kandung yang memiliki saudara tuna rungu dan berjumlah dua orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian secara umum, gambaran penyesuaian diri yang dilakukan saudara kandung ketika menyesuaiakan diri dengan kondisi dan keterbatasan yang dimiliki saudara penyandang tuna rungunya adalah mempelajari bahasa isyarat (memperagakan huruf-huruf dengan jari tangan), berbicara dengan nada yang agak keras, membiasakan diri berbicara berhadapan langsung dengan saudaranya, serta membiasakan diri memanggil saudaranya dengan jarak dekat, dengan cara menyentuh pundak sampai dengan cara menggunakan tepukan tangan, menjelaskan satu per satu maksud dari pembicaraan dan menjelaskan sesuatu dengan menggunakan contoh. Dan memilih untuk diam dan mengalah serta mengajak bermain dan jalan-jalan disekitar kompleks rumah ketika mengalami kesulitan dan konflik dengan saudara tuna rungunya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:53
Last Modified: 14 Jun 2016 07:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32010

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo