UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB UNDERACHIEVER PADA SISWA AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH ATAS

WIDIASTUTI, RIANITA TRI (2012) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB UNDERACHIEVER PADA SISWA AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rianitatri-27602-1-pendahul-n.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rianitatri-27602-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Akselerasi merupakan program percepatan belajar bagi siswa dengan kemampuan di atas rata-rata (min 125) dan merupakan hasil identifikasi guru atau psikolog sebagai siswa yang memiliki prestasi yang memuaskan. McLeod dan Cropley (dalam Hawadi, 2002), berpendapat bahwa perlunya pelayanan pendidikan khusus bagi anak berbakat intelektual, yaitu: pertama, anak berbakat adalah sumber, dengan diadakannya pendidikan khusus bagi mereka merupakan investasi bagi bangsa. Kedua anak, berbakat membutuhkan rangsangan yang adekuat, dan ketiga adanya pemenuhan kebutuhan pada anak berbakat intelektual akan mencegah masalah putus sekolah, prestasi sekolah yang rendah dan penyimpangan-penyimpangan perilaku. Namun, fakta yang terjadi banyak anak berbakat akademik tinggi yang mengalami underachiever termasuk mereka yang tergabung dalam kelas akselerasi. Terdapat 20-25% siswa akselerasi yang mengalami underachiever di tingkat SMA. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab underachiever pada siswa akselerasi sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mendiskripsikan data-data yang diperoleh baik itu berupa bahasa ataupun tulisan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang dipilih dengan kriteria tertentu. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstrukstur dan observasi non partisipan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik informasi yang didapat dari subjek dengan informan lain yang berada di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan underachiever pada siswa akselerasi sekolah menengah atas berasal dari faktor internal dan eksternal. Adapun yang termasuk faktor internal adalah motivasi subjek memasuki kelas akselerasi bukan karena prestasi melainkan karena tujuan tertentu, faktor internal yang lain adalah adanya self efficacy yang rendah pada diri subjek terutama pada pelajaran matematika. Kesulitan membagi waktu dan memiliki strategi belajar yang kurang bagus pada subjek juga menjadi salah satu penyebab underachiever yang terjadi pada diri mereka. Faktor internal yang terakhir adalah motivasi belajar yang rendah juga menyebabkan underachiever pada keempat subjek. Sedangkan untuk faktor eksternal yang mempengaruhi underachiever adalah karena adanya permasalahan yang terjadi dalam keluarga. Selain itu, faktor guru juga mempengaruhi prestasi siswa yang diajar. Disini yang menjadi permasalahan yang berkaitan dengan guru adalah cara pengajaran yang masih monoton dan membosankan serta kurangnya dukungan secara personal bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:46
Last Modified: 14 Jun 2016 07:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo