UMM Institutional Repository

FORGIVENESS PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK HAMIL PRANIKAH

Pratiwi, Rindra Dwi (2012) FORGIVENESS PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK HAMIL PRANIKAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rindradwip-27604-1-pendahul-n.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rindradwip-27604-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kenyataan yang sulit diterima oleh sebagian besar para orang tua adalah mengetahui bahwa salah satu anak remajanya mengalami kehamilan pranikah atau dengan kata lain hamil diluar nikah. Kenyataan itu sangat menyakitkan setiap hati para orang tua sehingga berat rasanya untuk dapat memaafkan anaknya. Karena perbuatan tersebut adalah perbuatan yang dianggap aib dalam masyarakat Indonesia. Tidak jarang banyak juga para orang tua menghendaki agar kandungan pada sang anak untuk digugurkan demi menutup aib atau menyuruh sang anak untuk menikah muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses forgiveness pada orang tua yang memiliki anak hamil pranikah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi dan wawancara, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah para orang tua yakni ayah dan ibu yang memiliki anak hamil diluar nikah. Dalam penelitian ini validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukan adanya pemaafan dari para orang tua terhadap anaknya yang mengalami kehamilan pranikah. Namun untuk masing-masing proses forgiveness pada pasangan pertama dan pasangan kedua menunjukan perbedaan. Letak perbedaannya pada reaksi emosi yang ditunjukan oleh masing-masing subyek penelitian. Untuk subyek pada pasangan yang pertama reaksi emosi seperti marah, serta kecewa mulai dikurangi saat anaknya akan menikah, sedangkan untuk subyek pada pasangan kedua reaksi emosi seperti adanya perasaan marah, malu serta kecewa masih ditunjukan meski anaknya telah menikah. Namun perubahan perasaan dan perubahan sikap dari para subyek orang tua ini mulai berubah saat para anak subyek telah melahirkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:44
Last Modified: 14 Jun 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32001

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo