UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANTARA REMAJA PECANDU GAME-ONLINE DENGAN REMAJA YANG BUKAN PECANDU GAME-ONLINE

Rahman J, Fajar (2012) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANTARA REMAJA PECANDU GAME-ONLINE DENGAN REMAJA YANG BUKAN PECANDU GAME-ONLINE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--fajarrahma-27608-1-pendahul-n.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--fajarrahma-27608-2-babi.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Saat ini kita sering mendengar tentang beberapa jenis kecerdasan selain kecerdasan intelektual yang turut mempengaruhi kesuksesan seseorang. Kecerdasan jenis lain ini antara lain kecerdasan emosional. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk memahami perasaan diri sendiri, untuk berempati terhadap perasaan orang lain dan untuk mengatur emosi, yang secara bersama berperan dalam peningkatan taraf hidup seseorang. Diketahui bahwa kecerdasan emosi terus berkembang pada masa remaja, masa remaja yang merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa sangat memerlukan dan mengetahui betapa pentingnya kecerdasan emosi bagi kehidupannya. Saat ini teknologi berkembang pesat dalam semua bidang termasuk bidang hiburan salah satunya game-online. Remaja yang kecanduan game-online ini tidak bisa mengontrol penggunaan game-online dan berdampak pada hal penting lainnya seperti sekolah dan mengganggu interaksi social dengan orang sekitarnya termasuk keluarga dan teman dekat. Hal ini tentunya berpengaruh tehadap tingkat kecerdasan emosi, karena kecerdasan emosi sebagian besar dipengaruhi oleh interaksi sosial. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosi antara remaja pecandu game-online dengan remaja yang bukan pecandu game-online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif uji beda dengan menggunakan 50 subjek yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok remaja pecandu game-online dan kelompok remaja bukan pecandu game-online. Alat ukur yang digunakan adalah angket kecanduan game-online yang diadaptasi dari kuesioner kecanduan internet Young K.S dan skala kecerdasan emosi. Kemudian setelah mendapatkan hasil dari angket kecanduan game-online dan skala kecerdasan emosi dilakukan analisa uji beda. Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan ada perbedaan yang sangat signifikan (nilai t = 4,808 dengan p< 0,01) yang mana remaja pecandu game-online memiliki kecerdasan emosi yang lebih rendah (X = 107,50) dibanding remaja yang bukan pecandu game-online yang memiliki kecerdasan emosi lebih tinggi (X = 122,83).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:39
Last Modified: 14 Jun 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31997

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo